Kilas

Aher: Warga Jawa Barat Berprestasi Wajib Dijadikan Panutan

Kompas.com - 17/08/2017, 15:20 WIB
Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi penghargaan pada warga/lembaga yang berprestasi. Penghargaan diberikan bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan RI ke-72. Pemerintah Provinsi Jawa Barat memberi penghargaan pada warga/lembaga yang berprestasi. Penghargaan diberikan bertepatan dengan peringatan Kemerdekaan RI ke-72.

KOMPAS.com– Pada Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia, Pemerintah Jawa Barat memberikan apresiasi kepada 70 orang/lembaga teladan dan berprestasi dari seluruh Jawa Barat.

Penghargaan ini diberikan kepada berbagai unsur dan profesi dalam rangka memberikan motivasi kepada masyarakat yang telah berjasa dalam pembangunan Jawa Barat.
 
Piagam penghargaan diberikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Gedung Sate Jl. Diponegoro No. 22, Kota Bandung, Rabu sore (16/8/2017).

Ahmad Heryawan mengatakan bahwa para teladan atau orang berprestasi penting kehadirannya di tengah masyarakat. Mereka bisa menjadi contoh atau rujukan di bidangnya masing-masing.

“Para teladan sangat perlu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk menjadi rujukan, untuk menjadi energi positif di bidang masing-masing,” ujar Ahmad Heryawan seperti rilis yang diterima Kompas.com pada Kamis (17/8/2017).
 
Kebaikan dalam hidup bukan tak mungkin diwujudkan. Bahkan, kebaikan itu ada pada diri atau sikap seseorang yang nyata dalam masyarakat.

"Oleh karena itulah, Saya ingin mengapresiasi Bapak/Ibu sekalian yang merupakan para teladan. Anda adalah contoh-contoh hidup yang dapat memberikan nilai positif bagi masyarakat Jawa Barat. Itulah fungsi para teladan,” katanya.
 
Kriteria dan penilaian para teladan ini ditentukan oleh instansi atau organisasi pemerintah daerah (OPD) terkait yang ada di Jawa Barat. Seperti, Pekerja Teladan kriteria dan tim penilainya ditentukan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Sedangkan, Dokter, Perawat, dan Bidan Teladan penentunya Dinas Kesehatan.
 
“Ada cara dan kriteria masing-masing. Insya Allah sangat independen dan sangat tidak memihak atau netral. Insya Allah objektif, tidak ada subjektivitas,” ujarnya.
 
Pemerintah Jawa Barat memiliki 44 kategori masyarakat berprestasi. Selain Piagam Penghargaan, para teladan ini juga mendapat hadiah berupa Paket Data Internet 30 GB, serta T-CASH Rp 50 ribu.