Advertorial

Wajib Simak, 6 Alasan Berkurban Melalui THK Dompet Dhuafa

Kompas.com - 17/08/2017, 18:31 WIB

Berbicara mengenai kurban, ibadah tersebut dirasa penting bagi umat muslim di seluruh penjuru dunia. Terlebih jika pemaknaannya adalah berbagi berkah yang merata hingga pelosok nusantara. Seperti Dompet Dhuafa menginisiasi Tebar Hewan Kurban (THK) dengan semangat “Kurbanesia, Tentukan Lokasi Berkahmu”. Terobosan tersebut memberi kemudahan pekurban menentukan lokasi berkah hewan kurban yang diamanahkan. Nah, berikut alasan kenapa harus kurban di Dompet Dhuafa.

1.  Layanan Kemudahan Berkurban

Dalam memudahkan umat muslim melaksanakan ibadah kurban, Dompet Dhuafa memberikan sarana bagi para pekurban, dengan menghadirkan kanal layanan kemudahan berkurban. Kanal kemudahan berkurban di antaranya, melalui kanal perbankan, QR Code, payment online, kerja sama dengan e-commerce, Jemput Kurban, dan sekitar 100 konter, serta gerai THK Dompet Dhuafa di Jabodetabek.

2. Memberdayakan Peternak Lokal dan Mitra

Berkah atau manfaat dari THK Dompet Dhuafa tak hanya dirasakan oleh saudara sesama yang miskin dan dhuafa saja. Tetapi juga dirasakan para peternak pemberdayaan Dompet Dhuafa yang dibina melalui program Kampoeng Ternak Nusantara (KTN). Program KTN Dompet Dhuafa adalah perwujudan model bisnis sosial yang turut mengangkat perekonomian peternak lokal binaan yang dulunya kurang mampu, dan kini menjadi insan sukses, mandiri, serta berdaya. Dengan berdayanya peternak lokal, akan mempermudah penyaluran hewan kurban yang diamanahkan melalui THK Dompet Dhuafa.

3. Distribusi Hewan Kurban Hingga Pelosok Negeri, Wilayah Konflik, Dan Minoritas Muslim

Tahun ini, dalam skala nasional, Dompet Dhuafa menargetkan sebaran 25.000 hewan kurban dan akan disebar ke 25 Provinsi di indonesia. Pendistribusian hewan kurban berupa domba, kambing, sapi, dan kerbau ini akan dilakukan di Daerah-daerah terpencil, rawan gizi, terbelakang, miskin dan daerah yang terkena bencana, serta kerusuhan di seluruh Indonesia. Pendistribusian juga menjangkau luar negeri, yang berpenduduk minoritas muslim, daerah konflik perang seperti Palestina, Mindanao, Rohingya.

4. Pengadaan Hewan Kurban THK Memenuhi Standar dan Mutu Kualitas

Penilaian standar mutu digunakan dalam proses pengadaan, dan pendistribusian hewan ternak oleh mitra THK yang terdiri dari beberapa parameter. Penilaian mutu terdiri dari 4 parameter, Pertama, bobot hidup untuk domba dan kambing standar kisaran 25 hingga 29 Kg, dan kisaran 30 hingga 39 Kg untuk premium. Sedangkan sapi, kisaran 250-300 Kg. Kedua, kriteria mutu kesehatan adalah tidak cacat, lepas gigi khususnya kambing dan sapi, dan berkelamin jantan. Ketiga, dalam pelaksanaan pemotongan, mutu yang ditetapkan THK Dompet Dhuafa adalah cara dan pemotongan sesuai syar’i. Pengambilan foto pelaksanaan dan pelaporan tepat waktu kepada donatur. Keempat, yakni tepat sasaran. Sasaran distribusi adalah wilayah miskin dan calon penerima manfaat kategori masyarakat kurang mampu.

5. Pengendalian Dan Pengontrolan Mutu Hewan Kurban Oleh Tim QC THK Dompet Dhuafa

Dalam pelaksanaan kurban, Dompet Dhuafa merekrut Tim pelaksana pengendalian mutu quality control (QC) yang memiliki beberapa tugas dalam menjalankan amanahnya. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan dan pelayanan THK mulai dari fase pengadaan sampai pemotongan. Tugas seorang QC di antaranya, Pertama, pemantauan, pengontrolan, pengecekan kesehatan, dan bobot calon hewan kurban sebelum hari pelaksanaan. Kedua, pengecekan dan verifikasi lokasi pendistribusian dan calon penerima manfaat. Ketiga, pemantauan proses penyiapan dan pelaksanaan pemotongan hewan kurban. Keempat, pelaporan, pendokumentasian, evaluasi, dan rekomendasi.

6. Pilih Sendiri Lokasi Pendistribusian Hewan Kurban

Nah, ini menjadi keunggulan baru bagi para pekurban yang menyalurkan berkah kurbannya melalui Dompet Dhuafa. Saat ini Anda dapat memilih lokasi pendistribusian sesuai dengan list peta distribusi dari tim THK Dompet Dhuafa. Langkahnya, seusai pekurban membayarkan kurbannya melalui THK Dompet Dhuafa, pastinya akan mendapatkan email verifikasi yang di dalamnya memuat link pemilihan lokasi pendistribusian kurban. Setelah itu, klik link, dan pilih daerah sesuai keinginan Anda.

Dari keenam keunggulan dan keistimewaan yang dimiliki program THK Dompet Dhuafa di atas. Kini saatnya tunaikkan kurbanmu melalui THK Dompet. Kurban sekarang dan tentukan lokasi berkahmu.

Untuk informasi dan promosi selengkapnya, Anda bisa meluncur ke http://kurban.dompetdhuafa.org/

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com