Advertorial

Ini Pedoman Berpakaian untuk Pekerja Kantoran

Kompas.com - 23/08/2017, 09:39 WIB
- --

Tahukah Anda bahwa penilaian terhadap diri kita dipengaruhi hampir 90 persen dari penampilan? Oleh karena itu selain mengandalkan kecerdasan, kecakapan, dan sikap profesional, memperhatikan penampilan juga sangat penting di dunia kerja.

Percaya tidak percaya, penampilan mempengaruhi keputusan rekan kerja atau bahkan atasan untuk memberikan kita tanggung jawab pekerjaan tertentu. Begitu juga dengan klien atau relasi bisnis. Penampilan Anda memperngaruhi keputusan mereka untuk berinvestasi atau berelasi bisnis.

Penata busana kerja asal Amerika Serikat Jacci Jaye dan Alexandra Suzanne memberikan gambaran mengenai gaya busana seperti apa yang cocok dan tidak cocok untuk bekerja. Terutama bagi Anda yang bekerja di kantor dengan suasana formal.

Jaye dan Suzanne menyarankan para pria bekerja setidaknya menggunakan kemeja saat bekerja di kantor. Kenakan celana dengan potongan yang pas dengan tubuh, tidak terlalu panjang, tidak terlalu pendek, tidak juga terlalu ketat.

Untuk kesempatan yang lebih spesial seperti seminar, makan malam dengan relasi kantor, gunakan blazer atau jas. Sesuaikan dengan dresscode, apakah acara bersifat formal atau semi formal.

Tidak usah beli jas atau blazer yang terlalu mahal, yang penting representatif. Agar aman pilih warna-warna netral seperti abu-abu, hitam, atau biru tua.  Jaye merekomendasikan agar Anda membuat jas atau blazer sendiri di tukang jahit agar ukuran sesuai dengan tubuh. Jangan lupa pilih sepatu yang sesuai.

Sementara bagi para wanita bekerja, Jaye dan Suzzane tidak mempermasalahkan jika para wanita lebih sering menggunakan celana panjang ke kantor dengan alasan kenyamanan. Namun, sesekali para wanita sebaiknya menggunakan rok atau gaun midi yang dipadu dengan blazer.

Pastikan rok tidak terlalu pendek. Setidaknya, panjang rok tidak lebih pendek dari dua inci di atas lutut. Rok dengan ukuran tersebut bisa membentuk siluet tubuh serhingga tampak lebih langsing.

Jaye dan Suzanne mengimbau para wanita agar tidak menggunakan pakaian terlalu ketat, seksi, dan memamerkan siluet tubuh. Namun, jangan terlalu longgar juga. Para pria sebaiknya tidak menggunakan sepatu terbuka jika ingin menggunakan jas atau blazer.

Perhatikan juga kebersihan pakaian yang akan digunakan. Noda, lubang, atau kerut pada pakaian akan mempengaruhi kesan terhadap diri Anda.