Sorot

Hunian Vertikal Murah di Kawasan Penyangga Jakarta

Kompas.com - 04/09/2017, 19:15 WIB
Ilustrasi apartemen shutterstockIlustrasi apartemen

KompasProperti - Jakarta saat ini berpenduduk lebih dari 10 juta jiwa. Padahal, luas kota Jakarta hanya 661,5 km2. Banyaknya jumlah penduduk di ibukota ini menempatkan Jakarta sebagai salah satu kota terpadat di dunia.

Bank Dunia memperkirakan jumlah penduduk Jakarta pada 2020 mencapai 16 juta jiwa. Proyeksi tersebut berpijak pada tingkat pertumbuhan di Jakarta sebesar 3,7 persen per tahun.

Arus urbanisasi yang terus terjadi menambah beban Jakarta. Para pencari kerja dari luar kota masuk ibukota untuk mengadu nasib. Serbuan pendatang itu berdampak pada semakin sulitnya mencari hunian dengan harga terjangkau di Jakarta.

Tingginya harga hunian di kota bisnis dan pemerintahan itu, menjadikan kawasan penyangga ibukota dilirik masyarakat. Hunian nyaman dengan harga terjangkau bisa ditemui di wilayah Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Depok.

Baca: Cari Rumah Seharga Rp 200 Jutaan di Bogor?

Persoalan belum selesai meski Anda telah menemukan hunian nyaman dan murah di wilayah penyangga Jakarta. Akses jalan dan transportasi mesti diperhitungkan dengan cermat. Jangan sampai kemacetan menguras energi sebelum Anda sampai ke tempat kerja.

Lippo Group menghadirkan kota baru di dekat kawasan industri Cikarang. Hunian vertikal dan area komersial yang dilengkapi dengan pusat kesehatan dan pendidikan berstandar internasional segera hadir di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

CEO Lippo Group James Riady mengatakan, salah tujuan pembangunan proyek ini adalah untuk mengurangi kebutuhan hunian masyarakat. "Di Indonesia ini ada 8 juta orang yang punya pekerjaan, punya gaji, tapi tidak punya rumah," katanya usai peluncuran Meikarta di Lippo Cikarang, Kamis (17/8/2017).

Sebagian kelas pekerja itu, kata dia, sebenarnya ingin memiliki rumah tetapi harganya tidak terjangkau.

Baca juga: James Riyadi: 8 Juta Orang Pekerja Tidak Punya Rumah

Berbagai infrastruktur yang tengah dan akan dibangun di sana bakal mempermudah hidup para penghuni kota baru itu.

Infrastruktur penunjang tersebut yakni Pelabuhan Patimban di Subang, Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, Kereta Api Express Jakarta-Bandung, Light Rail Transit (LRT) Cawang-Bekasi Timur-Cikarang, monorail yang masuk ke tengah kawasan Meikarta, dan Jakarta-Cikampek Elevated Highway.

Kota baru yang digarap Lippo Group itu juga memiliki akses ke jalan tol Cibatu.

Central Park di Meikarta, Cikarang, Jawa Barat Central Park di Meikarta, Cikarang, Jawa Barat

Pada tahap pertama, Lippo akan membangun 200 ribu unit apartemen di Meikarta. Sasarannya, kelas menengah atau pekerja profesional.

Kota baru itu menawarkan apartemen murah yang dibandrol mulai dari Rp 127 juta per unit yang bisa dicicil selama 20 tahun.