Sorot

Cara Cepat dan Tepat Memasarkan Apartemen

Kompas.com - 07/09/2017, 07:58 WIB
Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIFoto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

KompasProperti  - Memasarkan produk hunian memang tak semudah membalik telapak tangan. Apalagi, hunian yang dijual berupa apartemen yang tak semua orang berminat memilikinya.

Lippo Group punya cara unik dalam memasarkan kota baru di Cikarang, Meikarta. Sejak Mei hingga September, Lippo mencatat penjualan apartemen Meikarta mencapai 120 ribu unit.

Saat peluncuran Meikarta pada 17 Agustus lalu, Chief Marketing Officer Lippo Homes Jopy Rusli mengatakan penjualan apartemen mencapai 99.300 unit. Unit yang terjual terus bertambah. Saat Kompas.com berkunjung ke kantor pemasaran di Cikarang pada Senin (4/9/2017), teks berjalan menunjukkan apartemen yang terjual 117.797 unit.

Pencapaian itu tak lepas dari gencarnya pemasaran apartemen yang menyasar kelas pekerja. Sales Meikarta memasarkan apartemen di pusat perbelanjaan milik Lippo Group, perkantoran, hingga stasiun kereta api. Bahkan, calon konsumen bisa datang langsung ke kantor pemasaran di Maxxbox Cikarang.

Baca: Penjualan Meikarta Tembus 99.300 Unit

Tak hanya itu, Lippo juga menggelar Meikarta Music Festival di plaza Central Park di kawasan Meikarta pada 19-27 Agustus 2017. Acara hiburan yang terbuka untuk umum itu menjadi daya tarik bagi warga di sekitar Cikarang dan Bekasi, Jawa Barat. 

Belasan penyanyi dan grup musik tampil dalam festival musik itu, di antaranya Bunga Citra Lestari, Lala Karmela, Tompi, Andien, Astrid, Titi DJ, Once, The Rain, Samsons, The Virgin, Mulan Jameela, Ary Laso, Sandhy Sandoroo, JKT48, dan The Groove.  

Berbagai strategi itu memang menyedot perhatian masyarakat. Pada saat peluncuran dan festival musik, ribuan orang berkumpul di kawasan Meikarta. Pengunjung yang ingin mendapatkan informasi tentang pembangunan kota terpadu tersebut cukup banyak.

Ketertarikan calon konsumen itu juga dipicu dengan harga yang ditawarkan. Setiap unit apartemen studio dibandrol dengan harga mulai dari Rp 127 juta, dengan syarat dan ketentuan yang ditetapkan.

Suasana di Kantor Marketing Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana di Kantor Marketing Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

 

Keberadaan Central Park atau taman di tengah kota baru itu merupakan inovasi terbaru di kawasan pemukiman. Lokasi Meikarta juga dekat dengan kawasan industri Cikarang, tepatnya di koridor Jakarta-Bandung.

Infrastruktur transportasi di sekitar Meikarta pun beragam, antara lain jalan tol dan jalan layang tol Jakarta-Cikampek yang tengah dibangun. Ada pula kereta api cepat yang menghubungkan Jakarta-Bandung, Bandara Internasional Kertajati di Majalengka, dan Pelabuhan Internasional Patimban di Subang yang tengah dibangun pemerintah.

Rencananya, Meikarta dilengkapi dengan pusat perbelanjaan, hotel bintang lima, serta convention center. Konsep one stop living itu ditawarkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang membutuhkan hunian yang nyaman dan strategis.

Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Dengan strategi pemasaran yang masif, PT Mahkota Sentosa Utama yang membangun kota baru itu dengan nilai investasi Rp 278 triliun mendapat penghargaan dari sebuah perusahaan media.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Rabu (6/9/2017), perusahaan di bawah Lippo Group itu meraih penghargaan dengan kategori Inovasi Pemasaran dalam ajang Apresiasi Inovasi untuk Negeri di Jakarta, Selasa (29/8/2017).