Sorot

Cikarang Kawasan Tepat untuk Kembangkan Startup

Kompas.com - 09/09/2017, 21:12 WIB


KOMPAS.com - Majalah Fortune memasukkan Go-Jek ke dalam 56 perusahaan yang dikategorikan Change The World. Perusahaan startup ini menyediakan layanan antar sesuai permintaan pengguna, mulai dari ojek, makanan, kebersihan rumah, hingga layanan perawatan diri.

Startup ride sharing asal Indonesia itu berada di peringkat ke-17. Layanan startup ini dinilai membantu memperbaiki kondisi ekonomi Jakarta dan sekitarnya, serta dan meningkatkan penjualan para pebisnis kecil yang terdaftar di platformnya.

Perusahaan-perusahaan yang dikategorikan startup, sebagian besar baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan untuk menemukan pasar yang tepat.

Istilah start up dikenal secara internasional pada masa gelombang dot-com. Saat itu, banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan. Namun, start up sendiri lebih identik dengan bisnis teknologi, web, internet dan maupun bisnis lain yang terkait.

Baca: Go-Jek Masuk Daftar Perusahaan yang Mengubah Dunia

Potensi yang besar menjadikan banyak orang mencoba peruntungan di bisnis ini. Saat ini, ada lebih dari 1.500 startup lokal. Ditambah, pengguna internet di Indonesia mencapai 135 juta orang pada tahun ini. Jumlah itu diperkirakan naik setiap tahunnya.

Lippo Group memanfaatkan peluang tersebut untuk membangun kota baru di Cikarang yang diproyeksikan sebagai Silicon Valley di Indonesia, tempat berkumpulnya perusahaan startup.

Suasana di Kantor Marketing Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana di Kantor Marketing Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Dengan berbagai infrastruktur penunjang, Lippo membangun kota baru yang dinamai Meikarta lengkap dengan Industrial Research Center. Pusat penelitian dan pengembangan itu dapat melayani berbagai keperluan pengembangan bisnis.

Dengan dibangunnya Indonesia Silicon Valley, kegiatan operasional dan aktivitas keseharian perusahaan berbasis teknologi digital, mulai dari startup, technology leader, hingga institusi pendidikan yang bergerak di bidang informasi dan teknologi (IT) bakal berkembang pesat.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.