Sorot

Wisata Sehat dan Hemat di Kota Baru Cikarang

Kompas.com - 10/09/2017, 16:46 WIB


KompasProperti -Akhir pekan ini Anda akan mengajak keluarga liburan di mana? Jika belum ada rencana, Kota Cikarang memiliki sejumlah destinasi wisata yang bisa didatangi bersama keluarga.

Cikarang merupakan ibukota dari Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Kota Cikarang meliputi wilayah kecamatan Cikarang Pusat, Cikarang Barat, Cikarang Timur, Cikarang Utara dan Cikarang Selatan di Kabupaten Bekasi.

Berada tak jauh dari Jakarta dan Bandung menjadikan Cikarang mudah untuk diakses. Sejumlah destinasi wisata di kawasan ini menawarkan keindahan alam dan kerindangan pohon.

Pertama, Saung Ranggon yang berada di desa Cikedokan, Cikarang Barat. Jika berwisata di sini, Anda sekeluarga bisa bersantai di saung sambil menikmati pemandangan hijau yang menyejukan.

Central Park di kawasan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat Central Park di kawasan Meikarta, Cikarang, Jawa Barat

Saung ini dibangun kira-kira pada abad-16 oleh Pangeran Rangga, putra Pangeran Jayakarta, yang datang dan kemudian menetap di daerah ini. Saung ini kemudian terkenal dengan sebutan Saung Ranggon, yang ditemukan oleh Raden Abbas pada 1821.

Saung ini berdiri di lahan seluas 500 meter persegi. Bentuk Saung Ranggon adalah rumah panggung yang menghadap ke arah selatan.

Kedua, Taman Sehati yang dibangun Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kabupaten Bekasi. Taman ini terletak di depan Stadion Wibawa Mukti, Desa Sertajaya, Kecamatan Cikarang Timur.

Tak hanya bersantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan flower dome yang indah. Tak perlu terbang ke Singapura yang memiliki flower dome Garden by The Bay, Anda bisa berekreasi dan berswa foto di Cikarang yang juga lokasi cantik.

Baca: Dalam 5 Tahun, Indonesia Punya Ruang Terbuka Hijau 249,2 Hektar

Ketiga, Water Boom Lippo Cikarang terletak tak jauh dari tol cikarang. Tepatnya di Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Cikarang, Cibatu, Bekasi, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat

Tempat wisata keluarga ini bertema alam Bali. Kolam renang dan papan seluncur air dikelilingi pepohonan besar yang hijau dan rindang. Permainan air yang seru yang bisa dinikmati anak-anak, remaja, maupun orang tua.

Puluhan food truck menyediakan aneka panganan bagi pengunjung Central Park Meikarta di Cikarang, Jawa Barat. Makanan yang dijajakan mulai dari Rp 15.000/porsi.KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Puluhan food truck menyediakan aneka panganan bagi pengunjung Central Park Meikarta di Cikarang, Jawa Barat. Makanan yang dijajakan mulai dari Rp 15.000/porsi.

Tak jauh dari situ, Lippo membangun kota baru Meikarta. CEO Lippo Group James Riady mengatakan, salah tujuan pembangunan proyek ini adalah untuk mengurangi kebutuhan hunian masyarakat.

"Di Indonesia ini ada 8 juta orang yang punya pekerjaan, punya gaji, tapi tidak punya rumah," katanya usai peluncuran Meikarta di Lippo Cikarang, Kamis (17/8/2017).

Meikarta diproyeksikan sebagai kawasan apartemen dan area komersial yang lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang kehidupan. Termasuk, ruang terbuka hijau yang berada di lahan seluas 100 hektar.

Central Park di kota baru Meikarta menjadi salah satu tujuan wisata baru bagi masyarakat yang tinggal di Cikarang dan sekitarnya.

Lippo Group membangun kota baru Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Di tengah kota itu, dibangun Central Park seluas 100 hektar yang dilengkapi danau seluas 25 hektar yang mampu menampung 300 meter kubik air.KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Lippo Group membangun kota baru Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Di tengah kota itu, dibangun Central Park seluas 100 hektar yang dilengkapi danau seluas 25 hektar yang mampu menampung 300 meter kubik air.


Menjelang petang, ratusan masyarakat yang tinggal di kawasan Cikarang berdatangan ke Central Park. Umumnya, mereka membawa keluarga dan teman untuk menikmati keindahan taman kota yang ditanami ratusan pohon besar.

Danau seluas 25 hektar yang terletak di tengah Central Park dihiasi tanaman bunga teratai. Di sekelilingnya, bunga beraneka warna bergoyang-goyang ditiup angin sore.

Matahari yang condong ke barat dan langit senja tak dilewatkan begitu saja. Mereka mengabadikannya, dengan berswa foto. Jembatan yang berada di taman kota memang menjadi titik favorit untuk berfoto.

Kawasan Central Park di tengah kota baru Meikarta, Cikarang, dilengkapi danau seluas 25 hektar yang berfungsi sebagai reservoir untuk penanggulangan banjir.KOMPAS.com/ KURNIASIH BUDI Kawasan Central Park di tengah kota baru Meikarta, Cikarang, dilengkapi danau seluas 25 hektar yang berfungsi sebagai reservoir untuk penanggulangan banjir.

Tak jauh dari situ, puluhan food truck berjajar menebarkan aroma makanan yang menggelitik hidung. Berbagai jenis makanan dengan harga mulai dari belasan ribu rupiah dijajakan untuk para pengunjung.

Tak hanya itu, anak-anak bisa bebas bermain di tiga titik playground yang disediakan secara gratis. Anda cukup berbaris antri dengan rapi untuk bisa menikmati permainan di Meikarta.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com