Advertorial

Mulai Sekarang, Siapkan Kartu Uang Elektronik untuk Bayar Tol

Kompas.com - 19/09/2017, 11:30 WIB
- -

Per 31 Oktober 2017 mendatang, Bank Indonesia (BI) mewajibkan setiap pengguna jalan tol melakukan pembayaran dengan menggunakan uang elektronik. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat proses pembayaran, sehingga membantu mengurai kemacetan dan perjalanan pun terasa lebih nyaman.

Artinya, pengguna jalan tol pun diimbau untuk siap menggunakan uang elektroniknya. Yang pertama harus dilakukan, tentunya memiliki kartu uang elektronik yang bisa digunakan untuk bertransaksi ditol, seperti Kartu Flazz BCA. Kedua, sebelum melakukan perjalanan, pastikan kartu tersebut ada saldonya.

Namun jika dalam keadaan darurat, alias ternyata saldo di kartu uang elektronik Anda tidak mencukupi, gardu tol juga menyediakan fasilitas top up tunai. Namun, fasilitas ini diutamakan untuk keadaan darurat saja, sehingga harapannya nanti tidak terjadi antrean di gardu tol.

Sebagai informasi, Kartu Flazz sendiri bisa diisi ulang dengan jumlah minimal Rp 20.000. Sementara saldo maksimum yang tersimpan adalah Rp 1 juta. Agar bertransaksi di jalan tol semakin mudah, tak ada salahnya untuk memiliki beberapa Kartu Flazz. Kartu tersebut bisa didapatkan di seluruh kantor cabang BCA, serta stand atau merchant penjualan Flazz.

Untuk memperlancar transaksi nontunai di tol, BI sebagai otoritas sistem pembayaran terus berkoordinasi dengan pemerintah, khususnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Koordinasinya meliputi persiapan implementasi elektronifikasi pembayaran jalan tol. Dengan demikian, diterbitkan pula regulasi dalam bentuk Peraturan Menteri PUPR yang mewajibkan transaksi nontunai di jalan tol.

Sistem pembayaran elektronik di jalan tol akan menerapkan interkoneksi dan interoperabilitas melalui Secure Access Module (SAM) Multi Applet, yaitu penerapan infrastruktur yang mendukung penerapan multi bank penerbit untuk menyediakan layanan uang elektronik secara interkoneksi.

Agar masyarakat paham betul mengenai perubahan cara pembayaran di jalan tol, BI juga bekerja sama dengan perbankan dan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Berbagai kampanye dan edukasi terkait perubahan ini dilakukan terus kepada masyarakat.

Sudah siap bertransaksi di jalan tol dengan Kartu Flazz Anda? Jika belum dan masih butuh informasi yang lebih lengkap, silakan kunjungi www.bca.co.id atau hubungi Halo BCA di nomor 1500888, Twitter @HaloBCA, atau kirim email ke halobca@bca.co.id.