Kilas

Swasta Dirangkul untuk Bangun Fasilitas Publik di Kota Semarang

Kompas.com - 20/09/2017, 17:04 WIB
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi naik sepeda BMX sejauh 200 M untuk mengecek pembangunan LOOP Arena di GOR Tri Lomba Juang Semarang, Rabu (20/9/2017). Loop Arena dibangun sebagai tempat ekspresi berbagai komunitas anak muda di Kota Semarang yakni skateboarding, BMX, basket, LOOP corner. 
NAZAR NURDIN/KOMPAS.comWali Kota Semarang Hendrar Prihadi naik sepeda BMX sejauh 200 M untuk mengecek pembangunan LOOP Arena di GOR Tri Lomba Juang Semarang, Rabu (20/9/2017). Loop Arena dibangun sebagai tempat ekspresi berbagai komunitas anak muda di Kota Semarang yakni skateboarding, BMX, basket, LOOP corner.

SEMARANG, KOMPAS.com - Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengajak kalangan perusahaan untuk dapat menyediakan fasilitas publik yang dapat diakses semua kalangan.

Fasilitas publik, terutama bagi pemuda, akan mendorong lahirnya kegiatan-kegiatan positif serta mencegah tawuran antar pelajar.

Hendrar memuji komitmen perusahaan telekomunikasi Telkomsel yang bersedia membangun Loop Arena di kawasan GOR Trilomba Juang Semarang. Loop Arena untuk menampung kegiatan pemuda mulai dari aktivitas skateboard, BMX, beatbox, 3 on 3 basket dan lain sebagainya.

"Bisa ditiru perusahaan lain. Seperti Telkomsel tadi bangun Loop Arena. Jadi, semua urusan tidak semuanya ditanggung pemerintah," kata Hendrar seusai mengecek pembangunan Loop Arena, Rabu (20/9/2017).

Baca: Rumah Duta Revolusi Mental Diresmikan di Kota Semarang

Loop arena merupakan fasilitas olahraga yang dibangun atas kerjasama Pemerintah Kota Semarang dan Telkomsel. Loop arena menyediakan wadah beraktivitas, berkumpul bagi para pemuda untuk menyalurkan ambisi dan hobinya.

Para pegiat skatebord misalnya biasanya menggunakan trotoar sebagai latihan saban hari. Trotoar pun kerap rusak akibat kegiatan itu. Namun ke depan, ada tempat baru yang dibangun khusus untuk pemuda-pemuda kreatif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ada juga panggung musik, tempat kumpul anak muda. Ini jadi kekuatan luar biasa, kalau gak dimaksimalkan bisa jadi tawuran. Tapi melalui ini jadi hal yang positif," tambah pria 46 tahun ini.

Hendrar berharap para pemuda dapat menciptakan karya, kreatifitas agar Kota Semarang semakin dikenal.

Baca juga: Minat Kaum Muda Semarang Melestarikan Budaya Lokal Meningkat

“Melalui kerjasama dengan Telkomsel harapannya komunitas pemuda di Semarang menjadi kondusif. Jika berkumpul mereka dapat berembug dan menciptakan hal-hal positif dan memberikan prestasi. Karena tawuran, mabuk dan trek-trekan sudah tidak jamannya lagi,” katanya.

Sementara itu, General Manager Sales Telkomsel Region Jateng DIY, Jony Supriyatno menilai pemuda Semarang perlu wadah untuk penyaluran kreativitasnya. Loop Arena menjadi satu wadah agar mereka dapat berkumpul dan berkreasi.

Pihak Telkomsel pun berharap kerjasama dengan Pemerintah tidak berhenti dengan bangunan Loop Arena. Ia ingin ke depan bekerjasama lagi dengan pemkot untuk mengadakan event dan lomba secara periodik.

"Seperti event Loop Fun Run yang rencananya akan diikuti ribuan anak muda di Kota Semarang," ujarnya.

Baca: Hendrar Prihadi Buka-bukaan Kondisi Kota Semarang

Rendi, anggota komunitas Semarang Skateboard Semarang bersyukur kepada Pemerintah karena dapat menyediakan tempatnya untuk berkreatifitas. Lahirnya Loop Arena dapat menggiatkan pemuda untuk berbuat hal-hal yang baik.

"Kami berharap melalui Loop Arena ini teman-teman komunitas pemuda seperti BMX, Skateboard, dan lain-lain bisa bersama-sama membuat event bareng biar Semarang makin rame dan orang-orang pecinta skateboard di luar kota bisa datang ke Semarang,” ujar Rendi. (KONTRIBUTOR SEMARANG/ NAZAR NURDIN)

Baca tentang
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.