Advertorial

Pemanfaatan Robot dalam Bisnis Tingkatkan Profit dan Efisiensi

Kompas.com - 27/09/2017, 09:55 WIB
- -

Banyak cara dan strategi yang dilakukan perusahaan untuk memperoleh keuntungan. Salah satunya, menciptakan inovasi dengan memanfaatkan robot. Bidang transportasi adalah satu dari sekian banyak sektor bisnis yang telah menggunakan robot untuk memaksimalkan produknya.

Di bidang transportasi udara misalnya, masyarakat diperkenalkan dengan pesawat tanpa pilot. Ini merupakan salah satu bentuk nyata inovasi dalam sektor transportasi dengan pemanfaatan robot.

Dikutip dari Smart-money.co, berdasarkan hasil riset UBS, penggunaan robot pada sistem pesawat bisa menghemat anggaran hingga miliaran dollar. UBS juga mengatakan, keuntungan bisnis di industri penerbangan pun bisa bertambah hingga 35 dollar AS per tahun.

Pada dasarnya, pemanfaatan robot untuk industri penerbangan mampu memangkas biaya operasional, pelatihan, serta bahan bakar. Di samping itu, pesawat tanpa pilot pun diklaim semakin aman.

"Kita percaya hal itu (keunggulan) masih bisa didiskusikan. Kami melihat pesawat kargo adalah subsektor pertama yang bisa mengadopsi teknologi baru ini," tutur UBS seperti dilansir CNBC.

Produsen pesawat, Boeing, melihat pesawat tanpa pilot ini berpotensi menjadi nyata. Agustus ini, produsen pesawat yang berpusat di Chicago ini mulai membentuk tim untuk mengkaji lebih jauh mengenai adopsi teknologi baru tersebut.

Dalam survei tersebut, UBS melibatkan 8.000 responden dalam UBS Evidence Lab Survey. Hasilnya, 54 persen responden mengaku keberatan terhadap pesawat tanpa pilot itu. Sementara itu, ada 17 persen responden yang mengaku tertarik untuk mencoba pesawat tersebut. Umumnya, responden yang berusia lebih muda, antara 18-34 tahun, mengaku ingin mencoba teknologi baru itu.

Menurut survei UBS, manfaat teknologi ini mungkin baru bisa dirasakan lima tahun ke depan. UBS yakin, ke depannya, penemuan ini akan semakin diterima masyarakat. Pasalnya, inovasi ini tak sekadar mengandalkan teknologi canggih, tetapi juga memperhatikan betul faktor keamanan, teknologi, dan desain yang terus berkembang.

Sumber: Smart-money.co