Sorot

Menanti Klub Sepakbola Dunia Merumput di Cikarang

Kompas.com - 28/09/2017, 19:17 WIB
Ilustrasi stadion sepak bola. ShutterstockIlustrasi stadion sepak bola.


KompasProperti - Jika Anda penggemar klub-klub Premier League, tentunya sudah tahu tradisi kesebelasan Inggris yang sering mengadakan pertandingan persahabatan sebelum dimulainya musim baru.

Tak lupa, mereka mempromosikan jersey baru sekaligus bertemu para pendukung yang berada di benua-benua lain.

Lihat saja sang juara Premier League 2016-2017, Chelsea memulai pertandingan pramusim menghadapi Arsenal pada turnamen International Champions Cup (ICC) di Stadion Nasional, Beijing, Sabtu (22/7/2017).

Setelah itu, The Blues berjumpa Bayern Munchen (25/7/2017) dan Inter Milan (29/7/2017) di Singapura pada ajang yang sama.

Baca: Kalahkan Chelsea, Inter Milan Juara ICC 2017 di Singapura

Adanya  beberapa kunjungan klub-klub terkenal itu ke Asia membuat penggemar bermimpi bahwa kelak mereka ingin melakukan tur ke Indonesia.

Sayangnya, baru sedikit stadion olahraga di Indonesia yang bisa menampung penonton dengan kapasitas besar.

Namun, tak perlu khawatir karena Lippo Group saat ini tengah membangun Meikarta, yang akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti gedung opera, taman terbuka, dan tentu salah satunya stadion olahraga.

Baca juga: Kota Baru Meikarta Mengadopsi Tata Kota New York

Dalam siaran pers yang diterima Kompas.com pada Kamis (28/9/2017), ruang ganti pemain di stadion Meikarta disediakan untuk dua tim yang akan bertanding, dengan ukuran dan kenyamanan yang sama.

Selain itu, akan dibangun 4 kamar mandi dengan shower dan toilet di dalamnya. Ruang ganti pemain juga memiliki sudut massage, kulkas, dan pendingin ruangan.

Adapun ruang wasit, ruang medis, ruang inspektur pertandingan (IP) atau match officials (MO), dan ruang rapat berkapasitas 30 orang.

Ilustrasi bola.STREAMUK Ilustrasi bola.

Meikarta berencana membangun lapangan dengan permukaan yang rata dan halus. Untuk menghindari adanya genangan air, tentu lapangan ini dilengkapi dengan sistem drainase yang baik.  

Selain apartemen, kawasan Meikarta juga menyediakan hotel berbintang bagi pengunjung dari luar kota, yang ingin melihat langsung dari dekat pemain klub internasional kesukaan mereka.

Akses yang mudah bakal membuat turis asing rela datang ke Meikarta untuk menyaksikan laga klub sepak bola dunia.  

 Ilustrasi. Layanan light rail transit (LRT) dengan nama Rapid KL yang beroperasi di Kuala Lumpur, Malaysia. KOMPAS.com/ALSADAD RUDI Ilustrasi. Layanan light rail transit (LRT) dengan nama Rapid KL yang beroperasi di Kuala Lumpur, Malaysia.

Chief Marketing Officer Lippo Homes, Jopy Rusli, mengatakan pihaknya akan membangun stadion bertaraf internasional dalam proyek pembangunan kota baru Meikarta. Dengan adanya fasilitas itu, ia berharap bisa menarik minat tim-tim sepak bola dunia untuk datang ke Indonesia.

"Di lokasi ini, Kami tidak hanya membangun properti. Kami juga memiliki rencana membangun fasilitas olahraga lain yang bertaraf internasional, salah satunya adalah stadion," kata Rusli di Cikarang, Sabtu (19/8/2017) lalu.

"Kami berharap dengan adanya stadion itu bisa membuat tim-tim besar Eropa seperti, misalnya Manchester United untuk datang bermain di Indonesia," ujarnya.