Advertorial

Sebelum Touring ke Pelosok-pelosok Indonesia, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Kompas.com - 30/09/2017, 13:34 WIB

Touring dengan sepeda motor memang sebuah kegiatan yang menarik untuk dilakukan, apalagi di Indonesia. Karena dengan touring menjelajahi nusantara ini, Anda tidak hanya dapat mengagumi keindahan alamnya saja, tetapi Anda juga dapat menikmati keberagaman masyarakat dan budaya dari tiap-tiap daerah.

Keberagaman memang menjadi salah satu kekayaan Indonesia. Terdapat 740 suku atau etnis dengan 583 bahasa dan dialeg dari 67 bahasa induk yang digunakan. Tidak seberapa jauh Anda bepergian dari tempat Anda sekarang saja, Anda sudah akan menemukan masyarakat dengan budaya, bahasa, dan logat yang berbeda.

Touring dengan sepeda motor menjadi salah satu cara terbaik untuk dapat merasakan keberagaman tersebut. Anda akan lebih fleksibel dalam memilih jalan dan dapat dengan mudah berinteraksi dengan warga.

Apalagi kalau Anda berani menembus jalanan yang lebih sulit dan masuk sampai ke pelosok-pelosok desa, kekayaan budaya masyarakat yang akan Anda temukan akan lebih berwarna.

Namun kalau Anda berniat untuk menjelajah sampai ke pelosok-pelosok, pastikan Anda menyiapkan segalanya. Mulai dari fisik, kendaraan, keuangan, sampai informasi medan yang akan ditempuh.

Persiapan fisik dan obat-obatan

Tentu saja fisik merupakan hal terpenting yang harus Anda siapkan sebelum touring, karena mengendarai motor dengan jarak yang sangat jauh itu bukanlah pekerjaan ringan. Terlebih lagi kalau kamu berminat untuk lebih jauh lagi keluar dari jalan raya untuk menembus pelosok-pelosok Indonesia. Medan yang akan Anda lewati tentunya akan semakin berat.

Untuk itu sebelum melakukan touring Anda juga harus melakukan istirahat yang cukup guna mendapatkan fisik yang prima. Selain itu, Anda disarankan untuk rutin berolahraga untuk mempersiapkan fisik yang bugar selama perjalanan.

Apabila Anda membutuhkan obat-obatan khusus, jangan lupa sesuaikan jumlah yang dibawa dengan lamanya touring sehingga tidak akan habis di tengah jalan.

Persiapan kendaraan dan peralatan pendukung

Setelah fisik, tentu saja kendaraan menjadi hal yang tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Sebelum memulai perjalanan, periksa terlebih dahulu mulai dari ketinggian minyak rem, kopling, master rem/kopling, tuas perseneling, serta kanvas rem. Jika perlu, lakukan servis sebelum pemberangkatan dengan mengganti oli mesin dengan yang baru.

Cek juga sistem kelistrikan motor, mulai dari aki, lampu, lampu jauh, serta instrumen lainnya. Jangan lupa untuk memeriksa tekanan angin ban. Bila ragu akan kelayakan ban, ada baiknya diganti sebelum touring.

Jangan lupa memeriksa perkakas yang kerap digunakan, seperti senter, kabel, sekring, busi, obeng, dan kunci pas. Flat Tire Repair Kit atau peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan tambalan darurat pada ban juga menjadi alat wajib yang harus dibawa.  Bila diperlukan, tambahkan side bag (tas samping) atau bagasi ekstra di bagian belakang motor.

Selain persiapan kendaraan, tentunya Anda juga memerlukan dukungan kelengkapan berkendara mulai dari sarung tangan, helm, jaket, jas hujan, masker, celana, serta sepatu boot khusus touring. Tentunya jangan sampai lupa peralatan untuk komunikasi dan penunjuk jalan beserta pengisi dayanya (charger dan power bank).

Persiapkan keuangan

Kegiatan selama touring membutuhkan biaya. Mulai dari bahan bakar, makanan sepanjang perjalanan, dan penginapan apabila Anda menginap.

Sediakan juga anggaran untuk keadaan darurat yang tidak terduga, misalnya motor Anda rusak di tengah jalan.

Buat rencana perjalanan dan pelajari medan yang akan ditempuh

Terakhir, sebelum memulai touring Anda harus mempelajari medan yang akan ditempuh. Ini penting karena akan berpengaruh ke rencana perjalanan dan tempat-tempat perhentian Anda.

Tidak hanya itu, semua persiapan Anda sebelumnya, mulai dari biaya yang harus disiapkan, logistik yang harus dibawa, sampai peralatan-peralatan khusus dan pilihan motor yang harus digunakan juga sangat dipengaruhi oleh medan yang akan Anda tempuh.

Apabila Anda memang berencana untuk touring sampai ke pedalaman, otomatis Anda akan keluar dari jalan raya dan melewati jalanan yang tidak mulus. Tentunya Anda membutuhkan kendaraan yang mampu melewati jalur offroad. Motor tersebut biasanya disertai dengan ciri-ciri ban pacul, ground clearence yang tinggi, dan suspensi roda yang panjang. Kesemuanya itu memang menunjang untuk melewati jalanan offroad.

- -

Motor offroad tersebut biasanya dikenal dengan motor trail. Namun Anda tidak perlu merogoh kocek cukup dalam untuk membeli motor trail tersebut, karena Yamaha telah mengeluarkan produk yang mumpuni untuk dibawa ke medan berat, yaitu Yamaha All New Xride.

Motor yang dibuat oleh pabrikan dengan logo garpu tala ini terbukti telah berulang kali menaklukkan berbagai rute offroad di Bukit Hambalang. Cari informasi lebih lanjut tentang seri terbaru dari Yamaha All New Xride hanya di sini.

Siap untuk lebih mengenal Indonesia dengan touring? Ayo geber motor Anda!

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.