kabar ketenagakerjaan

BBPLK Bekasi Jalin Kerja Sama dengan Berca Schindler Lifts Selenggarakan Program Magang

Kompas.com - 09/10/2017, 19:17 WIB
- --

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Bekasi menjalin kerja sama dengan PT Berca Schindler Lifts untuk menyelenggarakan program magang. Nota kesepakatan ditandatangani oleh Kepala BBPLK Bekasi Helmiaty Basri dengan Presiden Direktur PT Berca Schindler Lifts Phua Yin Liang Willis, Senin (9/10/2017). 

Penandatanganan kesepakatan dilakukan di Kantor BBPLK Bekasi dan turut disaksikan oleh Sekretaris Ditjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemenaker, Kunjung Masehat. 

Kerja sama program pemagangan ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga kerja yang kompeten, khususnya di bidang instalasi lift dan eskalator. Program terdiri atas pelatihan kerja, pelatihan berbasis kurikulum, sertifikasi, dan pengembangan karier. Selain itu peserta juga akan memperoleh kesempatan  bekerja di seluruh unit bisnis PT Berca Schindler Lifts. 

“Ini  merupakan bentuk nyata sinergi antara pemerintah dengan dunia industri untuk menciptakan tenaga kerja terampil, serta meningkatkan penyerapan tenaga kerja di dunia industri. Para peserta magang akan mendapatkan pelatihan keterampilan yang relevan, khusus, dan dapat langsung diaplikasikan di industri lift dan eskalator,“ kata Kunjung Masehat. 

Program ini, lanjut Kunjung, akan memberikan pengetahuan yang relevan dengan dunia kerja modern. Ini karena materi akan disinkronisasikan dengan kebutuhan dan keadaan di dunia kerja, khususnya di industri lift dan eskalator. Keterampilan yang dipelajari  akan meliputi aspek instalasi, pemeliharaan dan perbaikan lift dan eskalator. 

Program akan dilakukan dengan pelatihan di dalam BLK dan pelatihan dalam bentuk On The Job Training (OJT) yang diatur oleh PT Berca Schindler Lifts. Total lama pelatihan adalah dua tahun. 

Peserta magang, di penghujung program, harus sudah dapat memenuhi syarat akademik yang ditetapkan BLK dan syarat kerja standar yang ditetapkan PT Berca Schindler Lifts untuk bisa menjalani kontrak kerja dengan masa percobaan satu tahun. 

“Program magang ini diharapkan dapat menghasilkan karyawan-karyawan muda berbakat dan berkompetensi di bidang teknis industri lift. Dengan demikian para pebisnis di industri lift dan eskalator juga terbantu dalam meningkatkan standar kerja, keselamatan, dan kesehatan kerja (K3),” ujar Presiden Direktur PT Berca Schindler Lifts,  Phua Yin Liang Willis. 

Kemenaker mengapresiasi inisiatif PT Berca Schindler Lifts untuk bekerja sama dengan BBPLK Bekasi. Harapannya semakin banyak perusahaan swasta dari bidang industri lain yang juga terdorong mengikuti jejak PT Berca Schindler Lifts. Tujuannya agar semakin banyak tenaga kerja terampil yang siap diserap berbagai bidang industri. 

Baca tentang