Advertorial

Tahap Metamorfosis Rush Selama 1 Dekade

Kompas.com - 20/10/2017, 17:30 WIB
- -

Jakarta, KompasOtomotif – Kebutuhan masyarakat atas kendaraan SUV medium selalu dinamis. Sejalan dengan itu, Toyota Astra Motor (TAM) terus mengembangkan model andalannya di segmen SUV medium, Rush, mengikuti permintaan.

Sejak meluncur pada Desember 2006, Rush punya tiga varian, 1.5 G M/T, S M/T, dan 1.5 S M/T. Sampai saat ini Rush sudah lima kali mengalami perubahan. Bagian yang selalu bertahan adalah mesin irit 4-silinder 1.5L yang menggerakan kedua roda belakang.

2009

Penyegaran pertama Rush terjadi pada 2009. Saat itu TAM menyegarkan eksterior Rush menjadi lebih elegan. Di antaranya memberikan ornamen baru ada gril dengan bilah melintang dan bingkai lampu kabut diberi lis mengilap. Selain itu, Rush juga ditambahkan bumper guard di depan dan belakang.

2010

TAM menyentuh penyegaran Rush dua kali pada 2010. Pada awal tahun Rush dilengkapi dengan varian terbaru, G A/T. Setelah itu pada Oktober, desain eksterior Rush berubah.

Detailnya, gril jadi punya ornamen bulat, slip melintang dari tengah ke sisi atas gril menjadi sorotan utama kala melihat Rush. Ubahan lainnya, desain bemper baru, bingkai lampu kabut berlapis krom, desain pelek baru, dan lampu belakang berubah jadi bening.

2013  

Tiga tahun kemudian TAM kembali menyegarkan Rush. Saat itu untuk pertama kalinya varian Rush TRD Sportivo muncul menggantikan varian S yang sebelumnya menempati kasta tertinggi.

Pada Rush TRD Sportivo dipakaikan beberapa elemen pembeda dari varian lainnya, yakni desain bemper depan dan belakang, tambahan emblem dan stiker TRD Sportivo yang membuatnya kelihatan lebih sporty.

TAM meningkatkan kualitas keamanan penumpang pada facelift Rush 2013 dengan menambahkan di semua varian, Dual SRS Airbag serta pretensioner dan pengingat pemakaian sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang depan.

Nuansa di kabin juga berubah dengan penggunaan warna interior baru, dark gray, di bagian kemudi, instrument panel, jok, dan door trim.

2015

TAM menyegarkan lagi Rush dengan perubahan desain pada 2015. Wajah Rush makin ganteng sebab kini garis gril dibuat seakan menyatu dengan desain baru lampu depan. Desain lampu belakang sekarang menggunakan LED.

Ada desain baru pada penutup konde alias ban cadangan di pintu belakang, selain itu pelek Rush juga baru berwarna machining. Penumpang makin nyaman berlama-lama di kabin bersama headunit baru. Khusus pada varian TRD Sportivo, desainnya dibuat makin maskulin dengan tambahan perangkat lower front bumper.

2016

Tidak butuh waktu terlalu lama, Rush hadir dengan wajah baru lagi pada 2016. Jika sebelumnya Rush hanya punya empat varian, kini menjadi enam varian. Keenam varian Rush yaitu G M/T, G A/T, TRD Sportivo 7 M/T, TRD Sportivo 7 A/T, TRD Sportivo Ultimo M/T, dan TRD Sportivo Ultimo A/T.

Varian lama TRD Sportivo berubah menjadi TRD Sportivo 7 dan ada tambahan varian TRD Sportivo Ultimo sebagai yang tertinggi. Varian-varian itu dilengkapi dengan jok baris ketiga plus sabuk pengaman hingga muat 7-penumpang. Varian Rush lainnya, tetap tersedia 5-penumpang.

Khusus buat varian TRD Sportivo Ultimo, dilengkapi dengan paket suspensi serta pelek TRD. Sebagai penanda varian tertinggi, lambang “TRD Sportivo Ultimo” disematkan di belakang.