Advertorial

Meikarta Siapkan Fasilitas MICE Berkapasitas Ribuan Orang

Kompas.com - 23/10/2017, 12:14 WIB
Suasana show unit proyek pembangunan Kota Baru Meikarta di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Suasana show unit proyek pembangunan Kota Baru Meikarta di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.


KompasProperti - Perkembangan bisnis MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) di Indonesia merupakan salah satu peluang bisnis yang menggiurkan.

Bidang usaha MICE melibatkan banyak pihak, mulai dari urusan makanan, transportasi, penginapan, hiburan, pariwisata, hingga hal-hal kecil lainnya yang tidak bisa dianggap sepele.

Semua itu otomatis membuat perekonomian masyarakat di berbagai kota jadi makin bergairah.

Menurut Kementerian Pariwisata, ada lima kota besar di Indonesia yang selama ini jadi pusat bisnis MICE, yakni Jakarta, Surabaya, Medan, Bali, dan Makassar.

Baca: Cikarang Segera Punya International Convention Center

Para pelaku usaha mulai dari UKM (usaha kecil dan menengah) sampai perusahaan besar berlomba-lomba untuk berpartisipasi dalam penyelenggaraan suatu acara. Investor lokal dan asing pun jadi berminat mengucurkan dana untuk membangun infrastruktur penunjang.

MICE dianggap sebagai bisnis yang masih prospektif sampai beberapa tahun ke depan. Bahkan para pengembang properti pun tertarik berkecimpung di bisnis ini.

Mereka tidak hanya membangun gedung untuk tempat tinggal, pusat perbelanjaan, dan perkantoran, tetapi hotel juga dibuat salah satunya untuk mendukung MICE.

MICE di Cikarang

Salah satu pengembang yang ikut dalam bisnis MICE yakni Lippo Group. Saat ini, LIppo tengah membangun kompleks hunian apartemen dan kota mandiri Meikarta di Cikarang, Jawa Barat.

Selain membangun apartemen untuk tempat tinggal, Lippo juga berencana menyediakan gedung pertemuan berkapasitas besar.

“Kami akan membangun gedung pertemuan sebagai fasilitas MICE. Rencananya akan ada gedung yang kapasitasnya lebih besar dari Jakarta Convention Center (JCC),” kata Presiden Direktur Meikarta Ketut Budi Wijaya, Rabu (18/10/2017).

Lippo Group menilai masih banyak peluang yang bisa dikembangkan untuk memberikan suport pada bisnis MICE, misalnya membangun hotel. Maka dari itu, nantinya di Meikarta juga akan dibangun hotel bertaraf bintang lima dengan jaringan internasional.

Suasana proyek pembangunan Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Suasana proyek pembangunan Kota Baru Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

“Kami sudah membuat kesepakatan dengan salah satu hotel bintang lima yang memiliki jaringan dunia,” ujar Ketut.

Keyakinan Lippo Group terhadap potensi bisnis MICE ini juga karena di wilayah Meikarta nantinya akan didukung dengan enam infrastruktur penunjang, terutama untuk mengatasi masalah transportasi.

Nantinya, Kertajati yang merupakan bandara internasional akan mempermudah mobilitas dari dan menuju luar daerah maupun luar negeri. Proyek Kertajati dimulai 2015 dan ditargetkan rampung pada 2018.

Selain itu, pemerintah juga membangun Pelabuhan Patimban di Subang. Dengan adanya Patimban Deep Seaport kapal besar bisa merapat di Jawa Barat yang akan mendorong aktivitas ekspor impor.

Baca: Simak, Enam Infrastruktur Penting di Cikarang

Ada pula Jakarta-Cikampek elevated highway, yaitu jalan tol yang menghubungkan antara Jakarta dengan Karawang dan Cikarang. Kini, pemerintah juga tengah membangun kereta ekspres Jakarta-Bandung yang jalur lintasnya tak jauh dari Meikarta.

Rencana pelebaran jalan di Tol Jakarta Cikampek dalam rangka pembangunan Jakarta-Cikampek II (Elevated).PT Jasa Marga Jalanlayang Cikampek Rencana pelebaran jalan di Tol Jakarta Cikampek dalam rangka pembangunan Jakarta-Cikampek II (Elevated).

Menurut rencana, nantinya akan dikoneksi dengan monorel. Pembangunan LRT juga sekarang sedang dikebut. Prediksinya pada akhir 2018 sudah beroperasi.

“Jadi Meikarta bisa menunjang proyek-proyek strategis itu, infrastruktur yang dikerjakan pemerintah. Semuanya itu saling mendukung,” katanya.

Dukungan infrastruktur yang begitu lengkap di sekitar Meikarta itu akan mempermudah akses transportasi yang aman, cepat, dan nyaman bagi siapa pun, termasuk membantu kelancaran bisnis MICE yang masih potensial di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Ikuti perkembangan berita ini dalam topik: