Sorot

Bukan Cuma ke GBK, Liverpool dan Inter Milan Juga Bakal ke Cikarang

Kompas.com - 24/10/2017, 12:47 WIB

KompasProperti - Penggemar sepak bola, khususnya klub-klub dari  Eropa, pasti berusaha selalu mengikuti jadwal pertandingan yang disiarkan setiap minggu di televisi. Bahkan, bila klub kegemarannya berencana berkunjung ke Indonesia, sudah pasti para penggemar berupaya hadir dan menyaksikannya langsung.

Biasanya, manajemen klub sepak bola di Eropa setiap tahunnya mengagendakan jadwal bertandang ke negara-negara di Benua Asia dan Amerika untuk melakukan pertandingan persahabatan.

Kunjungan itu juga dimanfaatkan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan dunia sepak bola di masing-masing negara, serta mencari bibit pemain berbakat yang berpeluang untuk dijadikan pemain di klub tersebut.

Tercatat sejumlah klub elite dari Eropa pernah ke tanah air dalam beberapa tahun terakhir, yaitu Liverpool, Chelsea, dan Arsenal dari Inggris; Inter Milan dan Juventus dari Italia; Bayern Muenchen dari Jerman; serta Valencia dari Spanyol. Ada pula LA Galaxy dari Amerika Serikat yang terkenal dengan David Beckham sebagai bintang lapangannya.

Baca: Basis "Fans" Terbesar di Asia, Indonesia Penting Bagi Liverpool

Umumnya, mereka datang setelah berakhirnya musim kompetisi di negara masing-masing, sekitar pertengahan tahun. Kunjungan itu juga dimanfaatkan untuk mempromosikan jersey baru yang akan dikenakan pada musim kompetisi mendatang.

Namun, bicara soal tempat pertandingan, tidak banyak stadion olahraga di Indonesia yang memiliki kapasitas besar untuk penonton dan representatif. Maksudnya, stadion yang menyediakan fasilitas berstandar internasional.

Maka dari itu, Lippo Group sebagai pengembang properti yang sudah memiliki nama besar di Indonesia saat ini sedang membangun kota mandiri Meikarta di wilayah Cikarang, Jawa Barat.

Kota ini juga nantinya akan memiliki apartemen lengkap dengan sejumlah fasilitas, misalnya pusat perbelanjaan dan perkantoran, ruang terbuka hijau, gedung pertunjukan, dan infrastruktur penunjang transportasi.

Baca: Sore Ini Inter Latihan Perdana di GBK

Pembangunan stadion olahraga juga merupakan target utama yang akan direalisasikan di Meikarta.

Dalam keterangan pers yang dikirim dari Lippo Group kepada Kompas.com, Kamis (28/9/2017), disebutkan bahwa stadion yang dibangun di Meikarta nantinya memiliki lapangan rumput dengan permukaan yang rata dan halus.

Menko PMK Puan Maharani bersama Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir mengunjungi Stadion Gelora Bung Karno untuk memeriksa perkembangan renovasi stadion menjelang Asian Games 2018, Jumat (20/10/2017) Menko PMK Puan Maharani bersama Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir mengunjungi Stadion Gelora Bung Karno untuk memeriksa perkembangan renovasi stadion menjelang Asian Games 2018, Jumat (20/10/2017)

Tak cuma itu, lapangan tersebut dilengkapi dengan sistem drainase yang baik untuk mencegah genangan air.  

Chief Marketing Officer Lippo Homes, Jopy Rusli, mengatakan, pihaknya akan membangun stadion bertaraf internasional dalam proyek pembangunan kota mandiri Meikarta. Berbagai fasilitas itu diharapkan bisa menarik minat klub sepak bola dunia untuk berkunjung ke Indonesia.

"Di lokasi ini, kami tidak hanya membangun properti. Kami juga memiliki rencana membangun fasilitas olahraga lain yang bertaraf internasional, salah satunya yaitu stadion," ucap Jopy Rusli, Sabtu (19/8/2017) di Cikarang.

Untuk ruang ganti pemain, akan disediakan ruang yang memiliki ukuran dan fasilitas yang sama bagi kedua tim yang bertanding. Fasilitas itu berupa empat kamar mandi dengan toilet dan shower di dalamnya. Ada pula pendingin ruangan, kulkas, dan tempat massage.

Baca juga: Menanti Klub Sepakbola Dunia Merumput di Cikarang

Selain itu, tersedia pula ruang wasit, ruang medis, ruang inspektur pertandingan (IP) atau match officials (MO), dan ruang rapat berdaya tampung 30 orang.

Adapun penonton yang datang dari Jakarta ataupun luar kota tidak perlu khawatir jika butuh tempat menginap guna mendukung dari dekat klub kesayangan. Di Meikarta akan dihadirkan juga hotel berbintang lima berstandar internasional.

Ditambah lagi mudahnya akses transportasi yang didukung pembangunan enam infrastruktur yang akan membuat semua orang tidak perlu berpikir panjang menyambangi Meikarta untuk menyaksikan laga klub sepak bola dunia

Keenam infrastruktur buatan pemerintah tersebut yaitu Pelabuhan Patimban, Bandara Internasional Kertajati, light rail transit (LRT) dari Cikarang ke Cawang, kereta cepat Jakarta-Bandung, jalan tol layang Jakarta-Cikampek 2, dan jalan tol Jakarta-Cikampek.

Kepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan.KOMPAS/RIZA FATHONI Kepadatan Tol Cikampek - Suasana kepadatan arus lalu lintas jalan tol Cikampek di kawasan Bekasi Barat, Jawa Barat, Senin (17/7/2017). Keberlangsungan tiga proyek sekaligus di ruas tol tersebut, yaitu proyek LRT, pengembangan tol susun Cikampek dan kereta cepat mengakibatkan arus lalu lintas semakin padat. Masyarakat pengguna tol Cikampek dihimbau untuk menggunakan transportasi umum atau menggunakan jalan arteri sebagai jalur alternatif agar tidak terjebak dalam kemacetan.

"Kami berharap dengan adanya stadion itu bisa membuat tim-tim besar Eropa untuk datang bermain di Indonesia," kata Jopy.

Hal senada juga diutarakan oleh Presiden Direktur Meikarta Ketut Budi Wijaya. “Nantinya akan dibangun stadion untuk sepak bola dan olahraga lain di Meikarta. Kapasitasnya direncanakan di atas 100.000 orang, lebih banyak dari Stadion Gelora Bung Karno (GBK),” ujar Ketut, Rabu (18/10/2017) di Tangerang, Banten.

Dengan demikian, pertandingan sepak bola dan event olahraga lainnya tidak hanya selalu terpusat di Stadion GBK Jakarta. Para penggemar fanatik klub semacam Liverpool dan Inter Milan bisa menonton laga tim kesayangannya di Meikarta.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.