Advertorial

Pentingnya Kata Sandi Unik untuk Keamanan di Dunia Maya

Kompas.com - 30/10/2017, 09:42 WIB
- -

Penggunaan perangkat digital dalam kegiatan sehari-hari mengharuskan setiap orang untuk bolak-balik masuk ke akun digitalnya. Menurut riset yang dilakukan oleh Mastercard, setiap orang memiliki rata-rata sepuluh akun yang digunakan pada perangkat dan aplikasi yang berbeda.

Meskipun kelihatannya sepele, berhati-hatilah dalam membuat kata sandi agar data diri tidak dicuri.

Setiap harinya akses untuk masuk ke akun digital mengharuskan penggunanya memasukkan password atau kata sandi sekitar delapan kali. Dari penelitian yang sama, diketahui bahwa 84 persen responden mengaku pernah mengganti kata sandi, sementara hanya 16 persen yang mengaku selalu ingat kata sandi mereka.

Umumnya, pemilik akun menggunakan tanggal lahir mereka sebagai kata sandi. Fakta itu dibuktikan dalam penelitian di atas di mana ditemukan jawaban serupa sebanyak 25 persen. Sementara 18 persen responden lainnya menggunakan nama peliharaan dan 13 persen nama keluarga sebagai kata sandi.

Kebiasaan menggunakan kata sandi yang mudah ditebak sebaiknya mulai dikurangi karena memiliki risiko diretas oleh hacker. Akibatnya, data-data pribadi pengguna bisa digunakan untuk melakukan tindak kejahatan seperti penipuan secara daring.

Agar terhindar dari peretasan, langkah pencegahan paling mudah adalah dengan menggunakan kata sandi unik pada setiap akun yang digunakan. Hilangkan kebiasaan menggunakan data pribadi yang sama atau mudah ditebak dan gantilah dengan kombinasi angka, huruf, dan karakter lain.

Idealnya, kata sandi yang aman terdiri dari delapan hingga 16 karakter campuran. Jangan lupa gunakan campuran huruf besar dan huruf kecil agar kata sandi semakin unik. Faktanya, mayoritas peretas berasumsi bahwa kata sandi yang mereka coba pecahkan ditulis dalam bahasa Inggris. Karenanya, pilihlah bahasa lain dalam membuat kata sandi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Terakhir, gunakan kata sandi yang berbeda untuk masing-masing perangkat dan situs. Serta hindari membiarkan halaman yang sering digunakan mengingat kata sandi.

Sumber: smart-money.co

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.