Advertorial

Sebelum Lamar Kerja, Ketahui Perbedaan CV dan Resume

Kompas.com - 01/11/2017, 17:00 WIB

Saat melamar kerja, perusahaan tempat Anda melamar biasanya meminta Anda untuk mengirimkan Curriculum Vitae (CV) dan resume. Beberapa dari Anda mungkin masih ada yang bingung, sebenarnya apa perbedaan dari keduanya?

Dilansir dari Smart-money.co, sebagaimana dikutip dari Jobstreet, CV merupakan istilah latin dari “cerita kehidupan”. Oleh karena itu, hal-hal yang harus tercantum dalam CV adalah gambaran rinci tentang pengalaman, kualifikasi, dan prestasi dalam hal akademis dan yang terkait pekerjaan. Anda juga bisa mencantumkan informasi pribadi dalam CV, seperti status perkawinan, kewarganegaraan, tanggal lahir, dan foto.

Sementara resume adalah dokumen berisi ringkasan singkat mengenai keterampilan, kualifikasi, dan pendidikan seseorang. Bila diibaratkan, resume bagaikan iklan singkat mengenai siapa diri Anda, serta mengapa Anda patut dikatakan sebagai orang yang tepat untuk mengisi posisi yang tersedia.

Jadi perbedaan paling mendasar, CV adalah gambaran kronologis dan mendalam mengenai perjalanan karier, sementara resume adalah medium iklan untuk diri sendiri. Dari segi penulisannya, CV umumnya tidak mengalami perubahan, kecuali jika ada penambahan pencapaian atau pengalaman karier baru. Sementara bentuk resume lebih fleksibel, bisa disesuaikan dengan aplikasi lamaran pekerjaan tertentu.

CV biasanya berisi minimal dua halaman. Sedangkan resume cukup satu halaman. CV banyak digunakan di kawasan Eropa (seperti Inggris, Irlandia) dan Selandia Baru. Sedangkan resume banyak dipakai di Amerika Serikat dan Kanada.

Meski demikian, di Australia, India, Afrika Selatan, dan sebagian besar negara Asia, CV dan resume digunakan bersama. Bedanya, resume lebih sering dipakai untuk pekerjaan di sektor swasta, dan CV untuk posisi layanan publik.

Sumber: Smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com