Advertorial

Anak Sering Kehilangan Buku Catatan Sekolah? Jangan Panik, Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 05/11/2017, 23:05 WIB

Meski saat ini pemanfaatan teknologi digital semakin luas, menulis dengan pena, pensil, di atas kertas masih diperlukan. Terutama dalam proses belajar di sekolah. Anak-anak di sekolah masih memerlukan buku catatan dan pena untuk merekam materi belajar yang disampaikan oleh guru di sekolah.

Menulis di buku catatan menurut sebuah studi psikologi kontemporer masih diperlukan karena memberikan sejumlah manfaat bagi anak dalam proses belajar. Mencatat informasi yang disampaikan oleh guru membantu anak untuk memahami pelajaran yang disampaikan dan membuat mereka mudah mengingatnya.

Namun di sisi lain, catatan pelajaran yang dibuat oleh anak di sekolah sangat berisiko hilang, rusak, atau dipinjam teman dan tidak kembali lagi. Anda para orangtua pasti akan ikut stres. Apalagi jika catatan tersebut diperlukan untuk persiapan ujian. Anda harus membantu mencarinya atau sibuk menelepon ke rumah teman sekelas si buah hati.

Nah, saat ini pengalaman buruk tersebut tidak perlu dialami oleh para orangtua. Ada sebuah solusi cerdas yang dapat dilakukan yaitu mendigitalkan tulisan tangan dalam catatan pelajaran anak Anda. Bagaimana caranya?

Buat rutinitas baru untuk si kecil. Ajak anak untuk rutin memindai catatan dari sekolah menggunakan alat scanner dan menyimpan hasilnya di dalam laptop. Meski buku catatan hilang atau rusak, anak masih tetap bisa belajar.

Miliki scanner yang mudah dioperasikan oleh si kecil dan dapat memindai dokumen dengan cepat karena catatan pelajaran pasti terdiri dari banyak halaman. Misalnya saja seperti Plustek ePhoto Z300.

Jika dibandingkan dengan scanner konvensional, Plustek ePhoto Z300 memiliki performa yang lebih baik, lebih cepat, dan penggunaannya lebih praktis.

- -

Scanner ini dapat memindai dokumen dengan ukuran A4 hanya dalam waktu 5 detik. Untuk memindai foto berukuran 4 x 6 sentimeter, hanya perlu 2 detik. Perangkat lunak yang digunakan pun sangat user-friendly.

Fitur lainnya adalah Auto Detects Size yang membuat scanner ini fleksibel. Fitur ini memungkinkan Plustek ePhoto Z300 untuk mendeteksi ukuran dokumen secara otomatis. Anda tidak perlu melakukan pengaturan dari laptop.

Anda juga bisa menggunakan Plustek ePhoto Z300 untuk memindai dokumen penting lain yang ingin Anda simpan dengan aman. Misalnya saja seperti kartu nama klien, bukti pembayaran listrik dan air, pas foto untuk ijazah anak, serta masih banyak dokumen lainnya.

Ada beberapa keuntungan yang dapat diperoleh anak jika belajar menggunakan laptop. Sambil membaca catatan yang sudah tersimpan di laptop, ia bisa sambil mencari informasi tambahan mengenai materi yang dipelajari.

Namun, meski Plustek ePhoto Z300 dapat menjadi solusi, Anda harus tetap mengajari anak soal tanggung jawab untuk menjaga buku catatannya. Selain itu juga mendampingi anak saat belajar menggunakan laptop.

Plustek ePhoto Z300 merupakan scanner inovatif yang dikembangkan oleh produsen elektronik asal Taiwan, Plustek Inc. Belum lama ini Plustek ePhoto Z300 baru saja meraih penghargaan dari Taiwan Excellence. Ini karena Plustek ePhoto Z300 memiliki fitur dan desain inovatif, serta kemampuan memudahkan aktivitas pindai-memindai dokumen.

Klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Plustek ePhoto Z300 dan Taiwan Excellence.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.