Advertorial

Peringati Hari Pahlawan, Lakukan Hal Ini untuk Hormati Para Pejuang

Kompas.com - 06/11/2017, 13:46 WIB
- -

Tidak terasa sudah 72 tahun bangsa Indonesia mengecap kemerdekaan. Bebas dari kungkungan kolonialisme dan segenap bangsanya dapat berkarya, berekspresi, serta berkontribusi untuk negeri.

Namun, perlu disadari bahwa kemerdekaan yang saat ini dirasakan tidak lepas dari jasa-jasa para pejuang kemerdekaan. Mereka rela berkorban harta, tenaga, hingga nyawa.  Oleh karena itu, tidak pantas rasanya jika kita yang merasakan kemerdekaan saat ini melupakan keberadaan mereka.

Menyambut peringatan Hari Pahlawan yang akan jatuh pada 10 November 2017 mendatang, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menunjukkan rasa hormat dan terima kasih atas jasa-jasa para pejuang. Baik yang telah gugur di medan perang, maupun para veteran yang saat ini masih ada bersama kita.

1. Rawat persatuan dan kesatuan

Indonesia terdiri atas beragam suku dengan budaya dan bahasanya yang juga beragam, serta terbagi atas beberapa pulau dan wilayah. Namun, hal ini tidak boleh menjadi sumber perpecahan. Jaga toleransi dan sikap saling menghormati agar persatuan dan kesatuan tetap terjaga.

2. Jaga rasa cinta terhadap tanah air

Meski saat ini penetrasi budaya asing semakin masif Anda harus tetap bangga menjadi bagian dari Indonesia yang punya beragam pesona. Mulai dari bahasa, budaya yang kaya, hingga alam yang menakjubkan.

3. Beri perhatian nyata untuk para veteran

Berterima kasih atas jasa-jasa para veteran dengan menunjukkan aksi nyata dengan berdonasi untuk para veteran. Caranya mudah karena saat ini donasi bisa dilakukan secara online.

- -

Misalnya saja seperti program yang diselenggarakan oleh Tokopedia. Situs jual beli online tersebut mengajak Anda untuk berkontribusi merawat dan menyayangi para veteran melalui fitur Top Donasi Bebas.

Anda bisa berdonasi dengan nominal antara Rp 25.000 hingga Rp 1 juta. Donasi sudah bisa dilakukan saat ini dan periode donasi akan berakhir pada 10 November 2017.

Untuk penyaluran donasi kepada veteran ini Tokopedia bekerja sama dengan lembaga sosial seperti Aksi Cepat Tanggap (ACT), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), dan Dompet Dhuafa.

Cara berdonasi sangat mudah. Kunjungi tokopedia.com/donasi-online, pilih lembaga penyalur terkait dan nominal donasi, kemudian lakukan pembayaran seperti biasa.

Sebagai bentuk apresiasi, Tokopedia akan memberikan voucher belanja Rp 50 ribu kepada pengguna yang berdonasi minimal Rp 200 ribu. Klik di sini untuk segera berdonasi.