Advertorial

Ini 3 Hal Penting yang Kamu Butuhkan Kalau Ingin Menjadi Vlogger Sukses

Kompas.com - 08/11/2017, 16:53 WIB
- -

Ketika anak-anak zaman dulu ditanya cita-citanya ingin jadi apa, biasanya yang disebutkan adalah sederet profesi mentereng mulai dari dokter, pengacara, astronot, dan lain sebagainya. Namun ketika pertanyaan yang sama ditanyakan kepada anak zaman sekarang, ada sebuah profesi baru yang masuk, yaitu menjadi vlogger.

Vlogger merupakan sebutan orang-orang gemar melakukan video blogging, yaitu suatu bentuk kegiatan blogging dengan menggunakan medium video. Vlogger sendiri sekarang bisa dikatakan sebagai profesi, karena kamu memang bisa mendapatkan penghasilan dari sini. Bahkan apabila sukses, penghasilan yang bisa didapatkan bisa mencapai puluhan bahkan ratusan juta per bulannya.

Namun seperti halnya profesi lainnya, menjadi vlogger yang sukses juga tidak bisa didapatkan dengan instan. Untuk mendapatkan follower yang banyak, setidak-tidaknya kamu membutuhkan 4K ini: karakter, konsisten, kreativitas, dan kualitas.

Karakter

Berbicara karakter, sebetulnya yang paling mudah adalah menjadi diri sendiri atau tidak meniru karakter orang lain yang sudah lebih dulu populer. Tenang saja, medium tempat kamu menayangkan vlogg-mu seperti YouTube ataupun Instagram memiliki penonton dengan karakteristik yang sangat luas.

Selama positioning karakter kamu jelas, apakah itu sebagai orang ndeso pencinta kuliner ataupun anak gaul penyuka musik, kamu akan menemukan penonton yang menyukai karakter kamu.

Konsisten

Seperti yang sudah disebutkan tadi, untuk menjadi youtuber sukses tidak bisa didapatkan secara instan. Setelah memiliki karakter yang jelas, kamu harus konsisten menggambarkannya kepada penonton melalui video-video yang kamu buat.

Memang dengan konten yang bagus disertai strategi yang hebat akan sangat membantu untuk membuatmu menjadi vlogger yang terkenal. Namun tanpa konsistensi, kamu akan ditenggelamkan oleh para vlogger lainnya.

Kreativitas

Selain karakter yang unik dan juga konsistensi, kamu akan tetap memerlukan kreativitas. Kreativitas ini penting untuk membedakan video kamu dengan video vlogger lain yang menyajikan video dengan karakter dan tema yang serupa. Kreativitas ini akan memberikan keunikan tersendiri pada video yang kamu buat.

Kualitas

Profesi vlogger pada dasarnya sama dengan content creator, sebuah profesi yang sudah lama ada dan biasanya tergabung dalam production house. Memang berbagai sosial media yang ada memberikan kamu platform gratis untuk menayangkan video yang dibuat tanpa harus mengeluarkan biaya. Namun tetap saja, penonton akan mencari tontonan yang berkualitas, apakah itu dari resolusinya, teknik pengambilan gambarnya, sampai isinya.

Dahulu untuk membuat video dengan kualitas yang bagus diperlukan berbagai peralatan canggih, mulai dari kamera yang besar sampai komputer untuk melakukan editing. Sekarang dengan kemajuan teknologi, kamu bisa melakukannya hanya dengan menggunakan smartphone. Namun kamu harus memilih smartphone yang memberikan fitur-fitur yang menunjang pembuatan video, bukan yang hanya sekedar memberikan fitur untuk selfie saja.

Untuk mengetahui fitur-fitur apa saja pada smartphone yang dibutuhkan oleh vlogger, kita bisa mengupas Kalau mengupas spesifikasi yang ditonjolkan dari Samsung Galaxy J3 Pro. Produk smartphone dari Samsung ini positioning-nya memang untuk vlogger.

Fitur-fitur tersebut seperti:

  • Full HD Video Recording 30 FPS. Dengan fitur ini kamu dapat merekam Video dengan kualitas Full HD sehingga terlihat lebih jernih dengan 30 frame per detik.
  • Fitur kamera depan dengan resolusi yang besar disertai front flash dan bukaan lensa F 2.2 membuat foto dan video yang dihasilkan menjadi lebih cerah dan terang bahkan di tempat gelap sekali pun.  Sedangkan kamera belakang 13MP dengan bukaan F1.9
  • Mode kamera yang disediakan mulai dari Burst, Sport, dan Panorama membuat objek bergerak pada gambar yang diambil tidak blur.
  • Fitur Ultra Data Saving yang bisa menghemat kuota internet hingga 50 persen. Untuk kegiatan yang selalu terhubung dengan internet khususnya video tentu akan menyedot banyak kuota. Penghematan data ini tentu saja akan sangat berasa manfaatnya.
  • Kegiatan vlogging sangat menyedot baterai. Karena itu, fitur power saving juga penting.
  • Terakhir tentu saja performa yang dihasilkan dari prosesor yang tangguh dan RAM yang besar.

Namun kalau kamu masih kurang puas terutama pada ukuran layar dan ketahanan baterai, pabrikan smartphone asal Korea Selatan ini9 juga  mengeluarkan varian lain dengan ukuran layar lebih lebar disertai kapasitas baterai yang lebih besar melalui Samsung Galaxy J7 Core.

Tunggu apa lagi? Ambil Samsung-mu dan mulailah vlogging.