Kilas

Cikarang Bakal Punya Hotel Berkelas Internasional

Kompas.com - 12/11/2017, 22:48 WIB
Hotel ultramewah pertama milik Langham adalah Langham Hilton di London Portland Plaza. Putri Diana dan Pangeran Charles pernah bermalam di sini. arcchicago.blogspot.co.ukHotel ultramewah pertama milik Langham adalah Langham Hilton di London Portland Plaza. Putri Diana dan Pangeran Charles pernah bermalam di sini.

 
KompasProperti - Kehadiran Meikarta di dekat kawasan industri Cikarang bakal membawa perubahan di Kabupaten Bekasi. Selain apartemen dan pusat bisnis, Meikarta bakal dilengkapi dengan hotel berbintang.
 
Agustus lalu, Lippo Group menandatangani Surat Pernyataan Kehendak (Letter of Intent) dengan Langham Hospitality Group.
 
Dalam kesepakatannya, kedua perusahaan akan bekerja sama mengelola dua fasilitas perhotelan kelas dunia di kota mandiri milik kelompok usaha Lippo tersebut.
 
Dua hotel itu terdiri dari, satu hotel supermewah yang mengusung nama Langham dan satu hotel bintang lima bertajuk Cordis.

Kota mandiri Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memiliki ruang terbuka hijau bernama Central Park seluas 100 hektar. Kota mandiri Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memiliki ruang terbuka hijau bernama Central Park seluas 100 hektar.

 
"Kami memberikan apresiasi kepada Langham Hospitality Group dan turut merasa bangga dengan pemilihan Meikarta sebagai lokasi pembangunan hotel bertaraf internasional," ujar Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya saat penandatanganan, di Jakarta, Kamis (10/8/2017).
 
Penandatanganan LoI tersebut, ia melanjutkan, dapat dikatakan sebagai kepercayaan masyarakat internasional pada Meikarta.
 
Langham adalah kelompok usaha yang bergerak di bidang jasa pelayanan dan hiburan di bawah naungan Great Eagle Holdings, perusahaan properti dan perhotelan yang berbasis di Hong Kong. Saat ini, Langham memiliki 50 cabang hotel yang tersebar luas di seluruh dunia, di antaranya Langham Place.
 
"Langkah ini tentu mencerminkan tingkat kepercayaan masyarakat internasional kepada Meikarta dalam upayanya membangun kota modern raksasa dengan infrastruktur paling lengkap di Asia," ujarnya.
 
Menurut dia, kehadiran Langham akan melengkapi upaya Meikarta dalam pembangunan kota yang modern yang dilengkapi berbagai fasilitas yang akan menunjang aktivitas penghuninya.
 
Selain dua hotel jaringan Langham, rencananya manajemen juga akan membangun tiga sampai empat hotel berkelas internasional lagi.
 
Lebih lanjut, Ketut menargetkan, kerja sama kedua belah pihak bisa berlanjut ke penandatangan Nota Kesepahaman dan kesepakatan (agreement) rampung sebelum akhir tahun. Dalam tempo kurang dari lima tahun, kedua hotel siap untuk beroperasi.

Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

 
Terkait nilai investasi untuk membangun kedua hotel tersebut, Ketut enggan memaparkan besaran nilainya.
 
"Kami belum lihat, nanti bergantung perjanjian kami berdua. Kami mesti duduk untuk detailnya," ujarnya.
 
Di tempat yang sama, Development Manger Langham Celia Lian menyatakan kerja sama ini merupakan bagian dari upaya ekspansi di Indonesia demi mengembangkan portofolio perusahaan di kawasan Asia dalam satu dekade ke depan.
 
"Dengan lokasi yang sangat strategis dan didukung fasilitas bertaraf internasional, kami melihat Meikarta memiliki kapabilitas untuk mendukung perkembangan kami," katanya.