Sorot

Banyak Jalan Menuju Kota Baru Meikarta

Kompas.com - 13/11/2017, 17:34 WIB
Foto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Kawasan yang bersebelahan langsung dengan tol Jakarta-CIkampek ini, telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track. KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZESFoto udara kawasan Central Park di kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Kawasan yang bersebelahan langsung dengan tol Jakarta-CIkampek ini, telah membangun central park, yakni sebuah taman terbuka hijau seluas 100 hektar. Taman ini memiliki berbagai tanaman, lengkap dengan kebun binatang mini hingga jogging track.

KompasProperti - Pembangunan sejumlah infrastruktur di poros Jakarta-Bandung diprediksi berdampak positif bagi masyarakat di kawasan Bekasi. Bahkan, pengembang properti Lippo Group ikut melirik Cikarang dengan membangun kota baru Meikarta di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Meikarta memang terletak dekat kawasan industri Cikarang yang potensial, dengan adanya sekitar 3000 pabrik yang berasal dari 30 negara.

Kawasan industri itu mampu menyumbang sebesar 34,46 persen penanaman modal asing (PMA) nasional, serta 22-45 persen volume ekspor nasional pada tahun 2008 dengan omzet mencapai 35 miliar dollar AS dan 70 persen di antaranya untuk pasar ekspor.

Cikarang pun menjadi kawasan potensial hunian bagi para pekerja sekaligus kawasan yang bernilai ekonomis.

Baca: Investasi Menguntungkan di Jantung Bisnis Cikarang

Saat ini, pemerintah membangun enam infrastruktur di dekat kawasan itu. Pertama, Patimban Deep Seaport yang nantinya akan membantu aktivitas ekspor dan impor di daerah tersebut. Sebagai pelabuhan dalam, kapal besar dapat langsung merapat ke sana tanpa harus ke Pelabuhan Tanjung Priok.

Berikutnya, International Airport Kertajati di Subang. Rencananya, tahun depan bandara yang mampu menampung pesawat berbadan besar ini digunakan sebagai bandara untuk pemberangkatan ibadah haji.

Infrastruktur selanjutnya yaitu kereta api cepat Jakarta-Bekasi-Cikarang-Bandung. Bila kereta cepat beroperasi, maka perjalanan Jakarta-Bandung dapat ditempuh hanya dalam waktu 39 menit.

Sementara, infrastruktur keempat dan kelima yakni Light  Rail  Transport (LRT) Cawang-Bekasi Timur-Cikarang dan Automated People Mover (monorel).

Ilustrasi monorelKOMPAS/ANDY RIZA HIDAYAT Ilustrasi monorel

Infrastruktur terakhir adalah Jakarta Cikampek Elevated Highway. Perjalanan ini akan dilayani oleh jalan tol layang sepanjang 36,84 kilometer, yang dibangun di atas tol Jakarta-Cikampek. Pemerintah menginvestasikan Rp 13,5 trilIun untuk proyek ini.

Keenam infrastruktur tersebut diperkirakan akan selesai dibangun dua hingga tiga tahun mendatang.

Bahkan, Presiden Joko Widodo telah meresmikan Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), Jumat (3/11/2017). Jalan tol itu bakal mempercepat akses warga Bekasi menuju ibukota dan sebaliknya.

Suasana ruas jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu),  yang diresmikan Presiden Joko Widodo di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGKOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana ruas jalan tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu), yang diresmikan Presiden Joko Widodo di kawasan Jakasampurna, Bekasi, Jawa Barat, Jumat (3/11/2017). Presiden Joko Widodo meresmikan ruas jalan tol yakni Seksi 1B dan 1C sepanjang 8,26 kilometer yang terbentang dari Cipinang Melayu-Pangkalan Jati-Jakasampurna. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG


Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya mengatakan, proyek Meikarta dikelilingi infrastruktur dasar yang mumpuni di koridor Bekasi-Cikarang-Karawang.

Seluruh proyek infrastruktur tersebut, baik yang sudah terbangun maupun masih dalam pekerjaan, akan menjadi nilai tambah sekaligus nilai jual yang mendongkrak potensi investasi kota baru di Cikarang itu.

Lippo pun berencana membangun monorel untuk menghubungkan sejumlah titik di kota mandiri itu. Selain itu, moda transportasi itu bakal menjadi penghubung kawasan itu dengan sejumlah daerah di kawasan industri Cikarang.

"Sehingga, penghuni apartemen Meikarta akan mudah beraktivitas ke mana pun," ujarnya.

Para penghuni Meikarta tentu saja bakal bisa bepergian ke jantung bisnis Jakarta dalam waktu kurang dari satu jam, berkat banyaknya jalan yang bisa dipilih.