Sorot

Desain Apartemen Meikarta Ikuti Selera Ekspatriat di Cikarang

Kompas.com - 17/11/2017, 20:03 WIB
Ilustrasi apartemen thinkstockIlustrasi apartemen

KompasProperti - Studio arsitektur di Jepang bernama Movedesign melaksanakan renovasi terhadap suatu unit apartemen di kawasan Shimoo-ri, Fukuoka, Jepang. Seperti diberitakan designboom.com, apartemen ini berada di gedung tua berumur sekitar 40 tahun.

Desain aslinya terdiri dari ruang tamu, ruang makan, dan dapur yang dibagi menjadi area terpisah. Movedesign merenovasi apartemen itu dengan membongkar dinding pemisah antar-ruangan, kemudian disatukan melalui satu ruang penghubung.

Namun, supaya apartemen itu terlihat mewakili gaya hidup fleksibel, para arsitek Movedesign mendesain ulang. Perubahan desain itu kini membuat kondisi apartemen terlihat lebih lega dan modern, tetapi setiap barang yang ada di dalamnya tetap fungsional.

Begitu pula saat pengembang properti membangun proyek apartemennya, pasti ingin memberikan hunian yang nyaman dan enak dilihat. Sama halnya yang dilakukan oleh Lippo Group lewat proyek apartemen Meikarta di Cikarang, Jawa Barat.

Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Foto contoh desain interior yang akan digunakan apartemen kota baru Meikarta PT Lippo Cikarang Tbk saat show unit di Kantor Marketing Meikarta, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/09/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Saat ini, di sana sedang dibangun kompleks kota mandiri yang menurut rencana akan dibangun ratusan tower apartemen dengan desain berbeda-beda. Beberapa desain yang disiapkan yaitu bergaya Eropa, Amerika, Asia, dan modern.

Setiap tower dirancang oleh DDG, perusahaan arsitektur ternama yang sudah pernah menangani berbagai proyek hunian di China, Amerika Serikat, dan sejumlah negara di Asia.

Bagian demi bagian di tower tesebut diperhatikan, mulai dari interior sampai eksterior. Misalnya luas dan tata ruang, penataan barang, pengaturan instalasi listrik, air, serta akses internet, dan lain-lain.

Baca: Gaya Hunian yang Bisa Anda Pilih di Meikarta

Pada akhir Oktober lalu, Lippo meresmikan penutupan atap (topping  off) dua tower apartemen di Central  Business  District (CBD) Meikarta. Kedua tower itu bernama Irvine Suites dan Westwood Suites. Masing-masing terdiri dari 32 lantai dan total ada sekitar 900 unit apartemen di kedua tower itu.

"Pembelinya adalah pemakai dan investor karena di daerah sana banyak ekspatriat, yang 65 persen adalah orang Jepang," kata Chief Marketing Officer Lippo Homes Jopy Rusli dalam konferensi pers di Lippo Mall Kemang, Kamis (26/10/2017).

Para pembeli yang kebanyakan adalah investor ini, kata Jopy, berharap mendapatkan keuntungan dari pembeli atau penyewa yang merupakan orang asing dan bekerja di Cikarang.

Dia menambahkan, kawasan CBD Meikarta juga prospektif karena jumlah orang asing itu akan terus bertambah. Tentunya ini potensial menambah nilai investasi properti di daerah Cikarang.

Menurut perhitungan, para ekspatriat ini memberikan pengembalian investasi atau return of investment (ROI) lebih dari 20 persen.

Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Foto udara proyek kawasan Kota Baru Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (4/9/2017). Pada tahap pertama, akan dibangun 200 ribu unit apartemen yang siap huni pada akhir tahun 2018.

Tidak salah memang, selama ini Cikarang dikenal sebagai kawasan industri. Hal yang sama dikatakan Presiden Meikarta Ketut Budi Wijaya. Menurut dia, kehadiran Meikarta bukan hanya sebagai kompleks apartemen dan kota mandiri, melainkan juga untuk menunjang kegiatan ekonomi nasional.

Sebab, di Cikarang ada tujuh kawasan industri besar, misalnya Delta Mas, Delta Silicon, Jababeka, dan MM2100. Kawasan industri itu antara lain terdiri dari pabrik otomotif yang memproduksi sekitar 1 juta mobil dan 10 juta sepeda motor setiap tahun.

Ada pula pabrik lain yang menghasilkan sejumlah produk, semisal elektronik, peralatan rumah tangga, suku cadang otomotif, farmasi, plastik, makanan dan minuman kecil, serta berbagai macam barang kebutuhan hidup sehari-hari.

“Karena itu kami membangun fasilitas modern kelas dunia di Meikarta, sebuah kota modern yang lengkap dan menjadi manfaat bagi ekonomi nasional. Kehidupan yang akan meningkatkan pereknomian di koridor ini," ujar Ketut.