Advertorial

Cara Jitu Rangkul Konsumen Milenial di Bisnis e-Commerce

Kompas.com - 20/11/2017, 11:00 WIB

Perlahan tapi pasti, konsumen mulai menyadari berbagai kemudahan dan fleksibilitas yang dimiliki oleh metode belanja online. Sektor e-commerce kini pun terus tumbuh dalam berbagai bentuk, baik berupa website, marketplace, ataupun aplikasi. Ritel offline yang sudah ada pun mulai melirik sektor e-commerce dengan menyediakan pilihan belanja daring dari tokonya.

Ketertarikan konsumen atas e-commerce pun terkonfirmasi oleh berbagai studi yang dilakukan. Menurut Trendsource 2017 Retail Industry Report, generasi milenial adalah golongan yang lebih suka belanja online. Pembelanjaan ini khususnya berupa produk fashion, alat rumah tangga, dan barang elektronik.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Inc-Asean menunjukkan sebanyak 53 persen milenial melakukan riset secara online sebelum membeli barang yang dimaksud di toko fisik. Sebaliknya, generasi yang lebih tua ternyata tetap memilih ritel tradisional untuk membeli barang.

Hal itu terungkap dalam hasil studi Citi Retail Service dimana ditemukan 72 persen orang tua milenial merencanakan membeli peralatan sekolah anak di ritel offline.

Jumah generasi milenial dan minat mereka akan belanja online ini menjadi peluang yang sangat baik untuk bisnis online. Karenanya, luangkan waktu untuk melakukan langkah khusus agar para milenial tertarik untuk berbelanja di ritel online.

Pertama, pastikan deskripsi barang yang dijual konsisten. Tulislah keterangan yang sesuai dengan keadaan barang sebenarnya. Jangan berbohong tentang ini karena akan mempengaruhi kepuasan konsumen nantinya. Meskipun dijual di berbagai platform dan aplikasi, berikan keterangan yang sama agar tidak timbul kebingungan dari calon pembeli.

Selain suka berbelanja online, Deloittes Millenial Survey 2017 menunjukkan bahwa generasi milenial optimis bahwa bisnis dapat mengubah dunia. Karenanya, manfaatkan prinsip ini untuk mengajak mereka bergabung dengan sebuah gerakan positif sambil berbelanja.

Komunikasikan tujuan baik itu dengan cara yang sesuai dengan gaya milenial dan undang mereka untuk berpartisipasi. Kegiatan pembelian untuk beramal adalah salah satu program sosial yang bisa dilakukan. Ajak mereka untuk turut mewujudkan sebuah tujuan mulia sambil memenuhi kebutuhan mereka.

Setelah konsumen selesai berbelanja, tetaplah berinteraksi dengan meminta mereka untuk meninggalkan ulasan mengenai barang yang dibeli dan pelayanannya. Selain sebagai bahan evaluasi, ulasan dari konsumen merupakan salah satu referensi adalah bagi milenial untuk membeli sebuah produk. Jika perlu, mintalah mereka untuk mengunggah kesan setelah berbelanja di media sosial mereka

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.