Advertorial

Kunci Penting agar Sukses di Industri “Fashion” Masa Kini

Kompas.com - 20/11/2017, 14:00 WIB
- -

Seperti semua industri, industri fashion kini telah mengalami begitu banyak perubahan. Tak hanya dari segi kreativitas, banyak faktor lain yang kini menentukan kesuksesan sebuah merek fashion. Di tengah persaingan yang begitu ketat, hanya merek yang sanggup menyesuaikan diri dengan dinamika industri yang mampu bertahan.

Sebagai calon pebisnis atau pemilik merek fashion, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk mendorong kesuksesannya. Hal pertama dan yang menjadi tantangan terbesar adalah menyangkut kemajuan teknologi. Kini ada seribu satu cara untuk merek berinteraksi dengan konsumen.

Dengan memanfaatkan teknologi seperti platform e-commerce dan media sosial, pemilik bisnis dapat berinteraksi secara langsung dengan konsumennya. Karenanya, pastikan setiap bentuk komunikasi yang dilakukan membawa pesan yang mampu menyentuh konsumen dan meninggalkan kesan positif yang tak mudah dilupakan.

Selain berkomunikasi menggunakan berbagai platform digital, bisnis fashion kini pun harus memahami cara konsumennya menggunakan teknologi. Contohnya kaum wanita yang lebih sering menggunakan ponsel pintar untuk berfoto dan berbagi.

Kondisi ini bisa menjadi peluang bagi pebisnis untuk memadukan produknya dengan teknologi dan kebiasaan para wanita. Sebagai jawabannya, pelaku bisnis fashion dapat menciptakan virtual showroom dengan aplikasi interaktif yang menarik.

Berbagai perubahan dan penyesuaian di bidang teknologi ini pun harus diimbangi dengan inovasi produk. Fashion kini bukan sekedar sandang untuk menutupi tubuh, namun juga harus memiliki nilai estetika sekaligus fungsional. Kenyamanan berpakaian harus diikuti dengan penampilan menarik yang juga bisa memudahkan aktivitas penggunanya.

Nilai tambah fungsional ini bisa diaplikasikan dengan mengikuti kebutuhan penggunanya. Misalnya sebuah tas yang didesain dengan memberikan kemudahan bagi pengguna untuk menjangkau ponsel di dalamnya. Inovasi semacam ini bukan hanya memudahkan, namun juga dapat memikat hati konsumen dengan kebutuhan yang sama.

Selain cara-cara tersebut, manfaatkan pula berbagai fitur media sosial yang ada. Sebagai contoh, gunakan siaran video langsung di Facebook dan Instagram ketika peluncuran produk terbaru. Melalui cara ini, konsumen bisa menjadi bagian dari perjalanan merek fashion. Dengan demikian, kedekatan personal pun bisa terbangun lebih awal bahkan sebelum konsumen memakai barang tersebut.