Advertorial

Perhatikan Hal-Hal Ini Sebelum Menggesek Kartu Kredit Perdana

Kompas.com - 01/12/2017, 15:00 WIB

Kepemilikan kartu kredit bukan hal yang baru bagi masyarakat. Tingkat konsumsi yang tinggi dan berbagai promosi menarik yang ditawarkan, tak ayal membuat godaan memiliki kartu kredit sulit untuk ditolak. Ini pula yang jadi alasan beberapa orang tak ragu memiliki lebih dari satu kartu kredit.

Selain kemampuan untuk membayar tagihan, hal lain yang lebih penting dalam memiliki kartu kredit adalah rasa tanggung jawab dan kehati-hatian. Bagi Anda yang baru saja memiliki kartu kredit perdana, ada baiknya perhatikan dulu hal-hal berikut sebelum mulai menggunakannya.

Secara umum, ada dua jenis kartu kredit yang beredar di masyarakat, yaitu ‘secured’ dan tidak. Pada jenis kartu kredit secured, telah ada nominal tertentu yang digunakan sebagai jaminan. Sehingga jika terjadi hambatan dalam pembayaran tagihan, dana deposit itulah yang akan digunakan sesuai perjanjian.

Faktor paling penting dalam menggunakan kartu kredit adalah dengan memahami betul cara kerjanya. Sistem pembayaran tagihan, keuntungan, dan konsekuensi transaksi harus benar-benar memberikan manfaat bagi keuangan Anda. Jangan lupa untuk memperhatikan biaya-biaya tambahan yang harus dibayarkan, misalnya biaya tahunan dan bunga yang diterapkan ada setiap transaksi.

Jangan lupa untuk selalu membayar tagihan bulanan tepat waktu. Usahakan untuk selalu melunasi tagihan setiap bulannya. Meskipun memungkinkan, membayar minimum pembayaran akan mengakibatkan diterapkannya bunga pada bunga sisa tagihan. Akibatnya, tagihan pun menjadi lebih tinggi setiap bulannya.

Salah satu keuntungan kartu kredit adalah adanya berbagai promosi menarik. Di sisi lain, faktor ini pula yang seringkali menyebabkan penggunaan kartu kredit tidak terkontrol. Untuk itu, rajinlah membaca notifikasi dari penyedia untuk memanfaatkan penawaran tersebut dan pertimbangkan apa manfaatnya bagi Anda.

Sebagai salah satu alat transaksi keuangan, semua data penggunaan dan pembayaran kartu kredit terekam di sistem informasi kredit Bank Indonesia. Riwayat kartu kredit ini pun data diakses oleh semua lembaga keuangan. Kebiasaan menunggak atau terlambat membayar tagihan akan menurunkan reputasi kredit Anda. Akibatnya, Anda akan sulit mengajukan fasilitas perbankan lain seperti KPR dan KKB.

Oleh sebab itu, gunakanlah kartu kredit hanya sesuai dengan kebutuhan saja. Untuk keperluan yang tidak mendesak, hindari menggunakan kartu kredit dan bayarlah secara tunai. Tak perlu menghabiskan batas kartu kredit setiap bulan jika memang tidak diperlukan. (Adv)

Sumber : smart-money.co

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com