Advertorial

Presdir BCA: Pemimpin Harus Beradaptasi dengan Era Digitalisasi

Kompas.com - 06/12/2017, 13:38 WIB
- --

Perkembangan dunia digital tak pelak membawa sejumlah perubahan di berbagai bidang. Digitalisasi membuat penerapan teknologi menjadi ujung tombak yang menentukan apakah sebuah perusahaan bisa bertahan.

Faktanya, tak sedikit perusahaan yang gulung tikar akibat tidak mampu menyesuaikan diri dengan ekosistem baru yang terus berkembang ini. Industri perbankan menjadi salah satu bidang yang juga terdampak oleh era digitalisasi.

Kemunculan perusahaan rintisan financial technology (fintech) menjadi pesaing tersendiri dalam penyediaan layanan keuangan bagi masyarakat. Belum lagi kekhawatiran soal siklus 10 tahunan yang  membawa krisis ekonomi. Dua hal itulah yang menjadi tantangan dunia perbankan.

Menanggapi hal ini, Presiden Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Jahja Setiaatmadja pun menyampaikan pandangannya. Dalam kesempatan Leadership Sharing Session “Infobank Top 100 Bankers”, ia menyatakan bahwa pemimpin dalam dunia perbankan harus mau belajar dan selalu memperbarui pengetahuannya secara rinci tetang teknologi masa kini.

-- -

"Kita sendiri harus betul-betul aktif dan mengenal (teknologi). Dari situ kita baru bisa melihat apa yang dibutuhkan untuk produk bank," ujarnya.

Ia pun membagikan pengalaman BCA dalam menghadapi berbagai tantangan di bidang teknologi. Tim BCA dengan konsisten terus mengembangkan layanan berbasis teknologi. Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan fitur layanan perbankan yang bisa diterima dengan baik oleh seluruh nasabah BCA.

Acara ini digelar di Hotel JW Marriot Jakarta, Selasa (28/11/2017) lalu. Dihadiri oleh berbagai tokoh perbankan dari lembaga ternama, acara ini menjadi wadah diskusi dalam menghadapi transformasi dunia perbankan di masa depan.

Selain Jahja Setiaatmadja, pendiri Lippo Group Mochtar Riady pun turut membagikan pengalamannya dalam menghadapi tantangan dan perubahan di dunia perbankan. Mereka adalah beberapa nama yang hadir dari 100 sosok yang terpilih untuk berdiskusi dalam kesempatan ini. Baik pihak swasta, BPD, maupun BUMN berkumpul untuk bertukar pengalaman dan wawasan dari sudut pandangnya masing-masing.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.