3 Tahun Jokowi-JK, Akhirnya Pecah Juga Rekor Itu...

Kompas.com - 07/12/2017, 15:39 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam kurun 3 tahun, pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla bisa meyakinkan tiga lembaga pemeringkat internasional untuk memberikan peringkat layak investasi kepada Indonesia.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Thomas Lembong mengatakan capaian tersebut layak dibanggakan. Sebab, hal itu merupakan yang pertama setelah 20 tahun silam.

"Ini capaian yang luar biasa bagi saya dan ini baru pertama setelah 20 tahun, setelah krisis 1998," ujar Thomas di Kantor Staf Kepresidenan, Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Tiga lembaga pemeringkat utama dunia yang memberikan peringkat layak investasi kepada Indonesia yaitu Fitch Ratings, dan Moody's, dan Standard and Poor's (S&P).

Thomas menilai capaian peringkat layak investasi luar biasa karena selama 19 tahun skala ekonomi Indonesia naik 3 kali lipat dan banyak perkembang pesat.

Namun, segala capaian itu tidak pernah dianggap cukup bagi tiga pemeringkat internasional tersebut memberikan peringkat layak investasi kepada Indonesia.

Di sisi lain, Thomas juga menilai bahwa capaian layak investasi patut dibanggakan karena S&P justru menurunkan peringkat investasi AS pada 5 tahun lalu sementara itu Moody's

menurunkan peringkat investasi China tahun ini.

"Jadi mereka adalah lembaga internasional yang sangat kuat dan bahwa peringkat Indonesia bisa naik maka itu capaian yang sangat baik," kata dia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.