Kilas

Muhaimin Iskandar Jadi Anggota Kehormatan LKAAM

Kompas.com - 07/12/2017, 16:56 WIB
Muhaimin Iskandar diangkat menjadi anggota kehormatan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) di Padang, Sumatera Barat, Rabu (6/12/207). Foto Muhaimin IskandarMuhaimin Iskandar diangkat menjadi anggota kehormatan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) di Padang, Sumatera Barat, Rabu (6/12/207).

PADANG, KOMPAS.com- Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) mengangkat anggota DPR RI Muhaimin Iskandar sebagai anggota kehormatan LKAAM.

Ketua LKAAM  Sayuti Datuk Rajo Pangulu mengatakan, pengangkatan Panglima Santri Nusantara itu sebagai anggota kehormatan LKAAM karena pihaknya  melihat sosok Muhaimin yang inspiratif serta terbuka untuk melakukan dialog dengan siapa saja, termasuk LKAAM.

Sayuti mengatakan,  Muhaimin merupakan anggota DPR RI pertama yang terbuka untuk berdialog dengan LKAAM untuk menampung aspirasi masyarakat Sumatera Barat.

"Kami akan angkat Cak Imin sebagai anggota kehormatan LKAAM. Sebelumnya belum ada anggota DPR RI yang menjemput aspirasi ke LKAAM. Ini baru Cak Imin yang menerima kami," ujar Sayuti saat pertemuan dengan Muhaimin di Padang, Sumatera Barat, Rabu (6/12/2017).

Sayuti meminta agar Muhaimin memperjuangan aspirasi warga Sumatera Barat. LKAAM, kata Sayuti telah menemui Presiden Joko Widodo untuk memberikan usulan agar Sumatera Barat dijadikan sebagai Daerah Istimewa Minangkabau (DIM).  

LKAAM juga mengusulkan agar ada revisi terhadap hukum tanah ulayat yang saat ini tidak sesuai dengan kondisi di Sumatera Barat. LKAAM juga berharap agar kurikukum  pendidikan yaitu kurikulum 2013 yang diterapkan saat ini diubah. Sayuti mengatakan, kurikulum yang diterapkan saat ini telah membuat sejumlah guru menganggur. Ini karena latar belakang pendidikan para guru tidak sejalan dengan kurikulum 2013 yang digunakan saat ini.

"Mohom Pak Muhaimin apakah bisa diadakan lobi-lobi tentang hal ini (kepada anggota DPR RI). Makanya akan lebih hebat atau dengan prakarsa Pak Muhaimin undang kami ke Jakarta, berdialog kita di Jakarta dan hadirkan anggot DPR RI," ujar Sayuti.

Sebagai anggota kehormatan, Muahimin diberikan Deta Alangbabega atau sebuah ikat kepala yang melambangkan Muhaimin layaknya seekor burung elang yang jadi pemimpin dan selalu memperhatikan masyarakat. Ada juga kris sakatimuno sebagai simbol pemimpin yang bersahaja, tenang tapi tetap siaga dan berani menghadapi tantangan apapun. Serta sangsako atau sebuah kalung kebesaran, dan kartu keanggotaan LKAAM.

Muhaimin menyampaikan rasa terima kasihnya dan bangga atas penghargaan yang diterima. Muhaimin berjanji untuk memperjuangkan aspirasi LKAAM yang selama ini belum direalisasikan oleh pemerintah.

"Sumatera Barat jadi DIM akan diperjuangkan bersama. DIM akan jadi agenda kami. Karena banyak agenda nasional hampir kita enggak pernah dengan DIM, tidak pernah teringatkan atau ada memori publik nasional tentang DIM. LKAAM telah menjelaskan dengan detail, maka kami dan kawan-kawan  akan bahu membahu mewujudkan DIM itu," ujar Muhaimin. (KONTRIBUTOR JAKARTA/DAVID OLIVER PURBA)