Kilas

UKM dan Koperasi Dongkrak PDB Nasional

Kompas.com - 08/12/2017, 15:15 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) dongkrak produk domestik bruto (PDB) lewat koperasi dan rasio kewirausahaan.

Berdasarkan data Kemenkop dan UKM serta BPS, kontribusi koperasi terhadap PDB Nasional naik menjadi 3,99 persen pada 2016. Sementara, rasio kewirausahaan nasional yang pada 2014 hanya sebesar 1,65 persen kini melonjak menjadi 3,01 persen.

Menteri Koperasi dan UKM AAGN Puspayoga mengatakan, peningkatan tersebut didukung dengan pembangunan infrastruktur darat, laut, dan udara yang memperlancar distribusi barang.

“Kalau distribusi barangnya sudah lancar transaksinya lancar. Kalau transaksi lancar pengusaha bisa memproduksi barang yang lebih berkualitas,” ujar Puspayoga saat diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 bertema "Capaian Tiga Tahun Kinerja Jokowi-JK" di Kantor Kepala Staf Presiden, Selasa (17/10/2017).

Baca:Tidak Aktif, 43.000 Koperasi Dibubarkan Menkop

Ia juga menambahkan bahwa sektor pariwisata yang meningkat menjadi faktor berkembangnya koperasi dan UKM. Kemenkop, ia melanjutkan, tetap konsisten melakukan reformasi koperasi dengan tiga tahapan, reorientasi, rehabilitasi, dan pengembangan.

“Orientasi sekarang adalah kualitas koperasi. Koperasi harus berkualitas tidak perlu banyak-banyak,” ujarnya.

Ia juga mengatakan setidaknya ada 40 ribu koperasi yang dibubarkan dalam rangka rehabilitasi. Sedangkan, berdasarkan online database system (ODS) masih ada 153 ribu koperasi yang masih aktif.

“Ada 80.000 koperasi sehat, sisanya ada 75.000 yang perlu dibina lagi untuk menjadi sehat. Kita akan kerja sama dengan kepala daerah sehingga 2019 semua koperasi bisa sehat,” ujar Puspayoga.

Direktur PT Tomiko Mandiri Indonesia mendampingi Menteri Koperasi dan UKM Agung Gede Ngurah Puspayog usai meresmikan gerai Tomikomart di Karawang, Jawa Barat. KOMPAS.com/YOGA SUKMANA Direktur PT Tomiko Mandiri Indonesia mendampingi Menteri Koperasi dan UKM Agung Gede Ngurah Puspayog usai meresmikan gerai Tomikomart di Karawang, Jawa Barat.

Dari segi pengembangan, Kemenkop UKM juga mempercepat akses pembiayaan koperasi dan UMKM melalui kredit ultra mikro (KUMi) yang disalurkan oleh koperasi.

“Untuk kredit ultra mikro kami bekerja sama dengan Menteri Keuangan untuk mengcover kredit usaha rakyat,” katanya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.