Kilas

Susi Tenggelamkan 317 Kapal Pencuri Ikan

Kompas.com - 10/12/2017, 08:10 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Selama 3 tahun terakhir, Pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla gencar memerangi Illegal, Unreported and Unregulated ( IUU ) Fishing.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menjadi panglima perang dalam memberantas kegiatan perikanan yang tidak sah di perairan Indonesia.

Selama 3 tahun Pemerintahan Jokowi-JK, 317 kapal pelaku IUU Fishing yang tertangkap ditenggelamkan. Kebijakan itu sesuai dengan amanat Undang-undang 45 Tahun 2009 tentang Perikanan.

"Ini bentuk perlawanan terhadap IUU Fishing," ujar Susi saat diskusi Forum Merdeka Barat (FMB) 9 di Kantor Kepala Staf Presiden, Rabu (18/10/2017).

Baca: Menteri Susi: Ada Modus Baru Illegal Fishing

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Susi kerap mengungkapkan penenggelaman kapal bertujuan memberikan peringatan dan efek jera kepada para pelaku illegal fishing.

Kapal-kapal yang ditenggelamkan berasal dari berbagi negara, mulai dari China, Vietnam, Filipina, hingga Malaysia. Penenggelaman tersebut dilakukan di berbagai daerah di Indonesia.

Perang melawan IUU Fishing juga terlihat dari keputusan Presiden Jokowi membentuk Satgas IUU Fishing yang dipimpin langsung oleh Menteri Susi.

Satgas tersebut melibatkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), TNI Angkatan Laut, Polri, Kejaksaan Agung, Badan Keamanan Laut, Satker Khusus Migas, PT Pertamina (Persero), dan institusi terkait.

Selain perang memberantas IUU Fishing, Susi juga membangun sistem dan sertifikasi HAM di sektor usaha perikanan. Sistem itu memberikan jaminan HAM kepada para pelaku di sektor perikanan.


Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com