Kilas

Tempat Berburu Oleh-oleh Khas Trenggalek

Kompas.com - 12/12/2017, 19:40 WIB
Pemerintah Kabupaten Trenggalek memamerkan produk UMKM di sebuah galeri yang terletak di lantai satu Kantor Dinas Penanaman Modal. KOMPAS.com/ SLAMET WIDODOPemerintah Kabupaten Trenggalek memamerkan produk UMKM di sebuah galeri yang terletak di lantai satu Kantor Dinas Penanaman Modal.

TRENGGALEK, KOMPAS.com – Promosi yang kreatif bakal menarik perhatian banyak orang. Begitulah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Trenggalek untuk mengenalkan proses perijinan usaha yang mudah dan cepat.

Sebuah galeri usaha mikro kecil menengah (UMKM) dibuat di lantai dasar Kantor Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Trenggalek.

Tersedianya galeri itu merupakan salah satu strategi untuk memperkenalkan kepada masyarakat terkait proses perijinan yang cepat di Trenggalek.

"Jadi kalau nanti penguNjung galeri berminat membuat usaha seperti yang ada di galeri, tinggal naik ke lantai dua untuk mendapatkan penjelasan dari kami," ujar Plt. Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Trenggalek Mulya Handaka, Selasa (12/12/2017).

Baca: Begini Cara Emil Dardak Dongkrak Kesejahteraan Rakyat

Menurut dia, dengan adanya penjelasan dari petugas yang tepat, tentunya masyarakat tidak hanya berandai-andai untuk mendirikan usaha. Selain itu, penjelasan yang detil mengenai kemudahan mengurus ijin itu juga akan menumbuhkan kesadaran dalam mengurus ijin usaha.

Beragam produk UMKM dipamerkan di galeri itu. Mulai dari makanan khas asli Trenggalek hingga aneka olahan makanan yang dikemas dengan menarik.

"Kalau untuk pembinaan UMKM itu sendiri ada di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro. Semua dinas saat ini mendukung pertumbuhan ekonomi Trenggalek," jelasnya.

Bupati Trenggalek Emil Dardak menemui puluhan pedagang di kawasan wisata Pantai Simbaronce. Pemerintah Kabupaten Trenggalek berencana membuat lahan parkir bagi para wisatawan.KOMPAS.com/ SLAMET WIDODO Bupati Trenggalek Emil Dardak menemui puluhan pedagang di kawasan wisata Pantai Simbaronce. Pemerintah Kabupaten Trenggalek berencana membuat lahan parkir bagi para wisatawan.

Sementara, Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Trenggalek Muhammad Siswanto mengatakan, galeri tersebut akan segera diresmikan.

Galeri sengaja ditempatkan di Kantor Dinas Penanaman Modal untuk menarik perhatian masyarakat. Dengan begitu, warga Trenggalek tergugah untuk berwirausaha.

"Kami juga akan membahas, bagaimana agar orang-orang dari luar daerah bisa masuk dan menikmati segala kemudahan sarana usaha yang disediakan Trenggalek," ujarnya.