Advertorial

5 Wahana Ini Jadikan Seaworld Ancol Tempat Liburan Favorit Sepanjang Masa

Kompas.com - 14/12/2017, 11:54 WIB

Hampir semua orang Jakarta dan sekitarnya yang tumbuh besar di tahun 90-an pasti pernah berkunjung ke Seaworld Ancol. Objek wisata yang menampilkan miniatur pesona laut ini memang menonjol kala itu. Pasalnya, tempat ini tak sekadar menawarkan hiburan tetapi juga edukasi pada warga.

Seaworld Ancol masih jadi tempat liburan favorit keluarga sepanjang masa. Bayangkan saja, sejak beroperasi pada tahun 1994 silam sampai kini, Seaworld Ancol terus ramai dikunjungi masyarakat, khususnya saat musim liburan tiba.

Telah berdiri sejak sekitar 24 tahun lamanya, apa yang membuat objek wisata ini tetap digemari keluarga di Indonesia? Rupanya, berkat keberadaan 5 wahana yang daya tariknya memang tak pernah habis sepanjang masa. Baik wahana lama maupun baru, semuanya punya keunggulan yang bikin pengunjung tak pernah bosan. Apa saja ke-5 wahana tersebut?

1. Touch Pool

Wahana Touch Pool di Seaworld Ancol Wahana Touch Pool di Seaworld Ancol

Ini merupakan area wahana kolam yang memungkinkan pengunjung menyentuh kolam secara langsung dan “berinteraksi” dengan biota laut di dalamnya lebih dekat. Area tersebut dibagi jadi 4 kolam terbuka yang berisi biota laut yang berbeda-beda, meliputi kolam penyu, bintang laut, ikan hiu yang bersahabat dengan manusia, sampai ikan hiu yang bisa menyerang manusia.

Saat berkunjung ke area ini, pengunjung bukan hanya bisa menyentuh kolam, tetapi juga berfoto bersama biota laut di dalamnya. Semuanya aman untuk Anda, asal, sebelum beraktivitas di sana baca dan perhatikan betul petunjuk dan peraturan yang harus dipatuhi.

2. Main Aquarium

Wahana Main Aquarium di Seaworld Ancol. Wahana Main Aquarium di Seaworld Ancol.

Setiap kali berkunjung ke Seaworld Ancol, jangan lewatkan wahana yang satu ini. Akuarium utama ini diklaim sebagai akuarium terbesar nomor 1 di Indonesia.

Di akuarium berukuran 24x38 meter ini terdapat beberapa jenis ikan, baik ikan cantik maupun ikan yang tergolong ganas. Menariknya lagi, di sana juga Anda bisa menemukan ikan paling besar dengan panjang sekitar 3,5 meter, yaitu Ikan Hiu Perawat Raksasa atau Tawny Nurse Shark yang dalam bahasa Latin disebut Nebrius ferrugineus. Ikan ini disebut-sebut memiliki urutan keganasan nomor 32 dari 32 jenis ikan hiu yang tercatat ganas atau pernah menyerang manusia.

Selain untuk menyaksikan ikan hiu ganas ini, pengunjung juga berbondong-bondong ke akuarium utama untuk menyaksikan aktivitas pemberian makan ikan yang melibatkan para penyelam. Aktivitas ini tentunya pas untuk menjadi sarana edukasi, khususnya bagi anak-anak.

3. Under Water Tunnel

Wahana Under Water Tunnel di Seaworld Ancol. Wahana Under Water Tunnel di Seaworld Ancol.

Nah, kalau yang satu ini merupakan wahana paling legendaris dan paling diincar di Seaworld Ancol. Tak lengkap rasanya bila berkunjung ke sana bila tak main dan berfoto di area ini.

Dari bentuknya saja selalu membuat orang terkagum-kagum dan penasaran. Ada terowongan air laut plus eskalator di bawahnya. Ya, ini adalah terowongan Antasena, yaitu terowongan bawah air laut sepanjang 80 meter yang diisi oleh ribuan ikan cantik yang juga terdapat di akuarium utama. Eskalator di bawahnya akan mengantar Anda menjelajahi pemandangan bawah laut dari ujung ke ujung terowongan.

Saat masuk ke wahana ini, sensasinya juara. Rasanya seperti menjelajahi area bawah laut tanpa perlu berbasah-basahan. Kapan lagi bisa melihat biota laut yang cantik dengan suasana super nyaman seperti ini?

4. Glow Theater

Wahana ini menjadi tempat paling pas untuk mengajak anak-anak belajar hal baru. Sebab wahana teater ini akan memutarkan film edukasi berjudul Sea Turtle Story. Yang spesial, bioskop ini akan menampilkan warna-warna indah saat lampu dipadamkan. Itu sebabnya, wahana ini dinamakan Glow Theater.

5. Jelly Fish Exhibit

Wahana Jelly Fish Exhibit di Seaworld Ancol. Wahana Jelly Fish Exhibit di Seaworld Ancol.

Di sini tempatnya melihat indahnya ubur-ubur berenang di lautan. Wahana Jelly Fish Exhibit ini merupakan wahana yang tergolong baru dibandingkan lainnya. Adapun, di wahana ini Anda bisa melihat beberapa jenis ubur-ubur, seperti Sea Neattle Jelly Fish, Blubber Jelly Fish, dan Upside Down Jelly Fish. Nikmati cantiknya mereka saat berenang dan bercahaya dalam kegelapan. Rasanya, berkunjung ke wahana ini akan jadi pengalaman seru dan baru yang patut dicoba buat liburan akhir tahun ini. 

Itulah 5 wahana yang jadi kekuatan Seaworld Ancol untuk menghibur dan mengedukasi para keluarga Indonesia. Semuanya menjanjikan pengalaman menarik yang selalu asyik untuk dinikmati sejak dulu hingga kini. Jadi, jangan lupa masukkan Seaworld Ancol ke daftar destinasi liburan Anda akhir tahun ini. 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com