Advertorial

Cara Meningkatkan Motivasi Karyawan Tanpa Menaikkan Gaji

Kompas.com - 20/12/2017, 11:00 WIB
- -

Sebagai pemilik usaha, karyawan merupakan aset berharga yang bisa menentukan kesuksesan bisnis. Karyawan yang bahagia disebut akan termotivasi untuk bekerja dengan baik dan lebih produktif. Sebagai atasan, menjaga kebahagiaan karyawan bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk menaikkan gaji atau memberikan insentif.

Namun ternyata kebahagiaan karyawan tidak melulu soal uang yang mereka dapatkan. Kecukupan gaji tidak sepenuhnya berarti jika tidak dibarengi dengan kebahagiaan non material. Ada beberapa cara yang bisa meningkatkan motivasi kerja karyawan tanpa harus menambah pengeluaran perusahaan.

Karyawan akan semakin termotivasi jika diberi ruang dan otonomi dalam bekerja. Artinya mereka dibebaskan untuk mengerjakan sebuah tugas dengan cara yang mereka sukai. Di akhir pekerjaan, mintalah mereka untuk membuat laporan mengenai perkembangan pekerjaannya dan berikan umpan balik. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan melihat buah pemikiran dan kerja keras yang ia lakukan.

Jika memang hasil kerjanya memuaskan, jangan ragu untuk memberikan pujian atau ucapan terima kasih. Hal sesederhana itu justru menjadi bukti penting yang menunjukkan bahwa perusahaan menghargai kinerja karyawan. Jangan hanya melihat dampak pekerjaannya secara keseluruhan bagi perusahaan, namun sempatkan untuk melihat secara detail apa yang ia kerjakan.

Cara lain untuk memotivasi karyawan adaah dengan membangun komunitas. dengan adanya komunitas, karyawan akan semakin terhubung dan solid. Mulailah dengan membuat grup di chat room atau sosial media. Dari sana, bangun keakraban dan rencanakan aktifitas bersama yang bisa membuat hubungan itu semakin harmonis. Misalnya makan siang bersama, karaoke, atau berpiknik.

Tak perlu sungkan pula untuk mengobrol langsung dengan karyawan soal apa yang membuat mereka semangat dalam bekerja. Hilangkan jarak antara atasan dengan karyawan agar komunikasi bisa berjalan lancar. Langkah ini bisa dilakukan melalui survei, sesi diskusi, atau menggunakan kotak saran. Jangan lupa untuk jadikan informasi yang didapat sebagi bahan evaluasi.

Cara lain untuk memotivasi karyawan adalah dengan sesekali memberikan penawaran istimewa terkait pekerjaan. Contohnya dengan memberikan kursus untuk menambah keterampilan mereka. Atau bisa juga dengan memberikan kesempatan untuk bekerja dari jarak jauh (remote working) untuk mengurangi rasa jenuh bekerja dari kantor.