Advertorial

Aneka Strategi Unik dan Efektif untuk Mencapai Target Tabungan

Kompas.com - 20/12/2017, 19:00 WIB
- -

Tahun 2018 sebentar lagi akan dimulai. Jika di penghujung tahun 2017 ini resolusi keuangan masih belum tercapai, tahun depan adalah momen yang tepat untuk memulainya kembali dengan lebih baik.

Cepat atau lambat, pengelolaan keuangan yang buruk akan memberikan dampak negatif di masa depan. Taipan asal Hong Kong,  Li Ka Shing pun mengatakan kunci hidup yang mapan terletak pada pengelolaan keuangan.

Menahan konsumsi untuk menabung memang tidak mudah untuk dilakukan. Karenanya, gunakan cara-cara yang lebih menyenangkan agar target tabungan dapat tepenuhi. Misalnya dengan menyiapkan kaleng untuk menabung uang tunai dengan pecahan tertentu. Cara ini sempat viral di internet dan terbukti ampuh memberikan hasil yang mengejutkan.

Cara lain agar menabung lebih bersemangat adalah dengan menetapkan target, baik harian maupun berupa nominal tertentu. Sekecil apapun targetnya, usahakan agar target itu bisa dicoret dari daftar.

Manfaatkan pula teknologi untuk meningkatkan motivasi menabung. Misalnya dengan menyimpan gambar dan tautan barang yang disukai sebagai target tabungan. Hapus barang tersebut dari daftar jika tabungan sudah cukup untuk membelinya, atau masukkan saja uang itu ke rekening jika sudah tak tertarik lagi.

Musuh terbesar seseorang adalah diri sendiri, termasuk saat berusaha menghilangkan sebuah kebiasaan buruk. Manfaatkan kondisi itu untuk menabung dengan menetapkan uang penalti atau hukuman yang diterapkan terhadap diri sendiri.

Ambil sebuah wadah tertutup dan beri label ‘kebiasaan buruk’. Uang penalti harus dimasukkan ke dalam wadah itu setiap kali melakukan kebiasaan buruk yang ingin dihilangkan. Pada akhirnya, wadah itu akan terisi oleh uang dan kebiasaan buruk pun bisa hilang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bagi orang yang menyukai adenalin, menabung dengan metode tantangan juga bisa dilakukan. Misalnya dengan menantang diri sendiri untuk menabung setiap hari selama satu tahun penuh tanpa jeda.

Mulailah dengan nominal kecil di hari pertama, lalu menabunglah lebih besar di hari-hari selanjutnya. Meski di hari pertama hanya menabung Rp 100, di akhir tahun tabungan itu bisa mencapai lebih dari Rp 6 juta.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.