Advertorial

Penyerahan 4100 Kartu BPJS Ketenagakerjaan oleh Menko PMK pada Peringatan HKSN 2017

Kompas.com - 21/12/2017, 03:23 WIB

Peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tahun ini diadakan di Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, Jawa Timur pada Hari Rabu, 20 Desember 2017. Salah satu rangkaian pada peringatan tersebut adalah penyerahan secara simbolis Kartu Peserta BPJS Ketenagakerjaan kepada 4100 Peserta oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Puan Maharani.

Seluruh peserta yang hadir merupakan pekerja sosial yang terdiri dari 243 Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), 969 Taruna Siaga Bencana (Tagana) dan 2888 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Mereka didaftarkan selama tiga bulan oleh perusahaan-perusahaan menggunakan dana Corporate Social Responsibility (CSR) melalui program Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran) BPJS Ketenagakerjaan.

Ucapan terima kasih secara langsung diucapkan oleh Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan, E. Ilyas Lubis kepada Puan Maharani selaku Menko PMK yang telah berkenan menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis. Ucapan terima kasih juga ditujukan kepada perusahaan perusahaan yang telah berpartisipasi dalam GN Lingkaran.

Ilyas turut menyatakan bahwa penyerahan kartu ini akan semakin membuktikan hadirnya negara untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja di Indonesia melalui BPJS Ketenagakerjaan termasuk pekerja sosial.

-- -

Dijelaskan pula oleh Ilyas bahwa GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan sendiri adalah program untuk menggalang solidaritas dan kepedulian dalam bentuk donasi iuran BPJS Ketenagakerjaan dari pelaku usaha untuk dapat berpartisipasi dalam memberikan perlindungan kepada pekerja rentan yang belum memikirkan tentang perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Peringatan HKSN yang memiliki nilai sejarah untuk Indonesia ini juga turut dihadiri oleh Menteri Sosial (Mensos) Republik Indonesia yaitu Khofifah Indar Parawangsa yang sehari sebelumnya telah meresmikan pembukaan pameran HKSN dan memberikan penghargaan kepada pilar-pilar sosial, seperti Tagana terbaik, KPM terbaik, dan TKSK terbaik.

BPJS Ketenagakerjaan pada acara yang berlangsung tanggal 19 hingga 20 Desember 2017 ini turut menyediakan Teman Informasi BPJS Ketenagakerjaan. Tujuannya agar pengunjung mengerti akan program dan manfaat jaminan yang ada yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan Jaminan Kematian (JKm).

Ilyas juga berharap semoga melalui berbagai bentuk sosialisasi tersebut akan membuat semakin banyak masyarakat pekerja yang mengerti tentang program BPJS Ketenagakerjaan dan sadar akan pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.