Advertorial

Aktif Kembali, SegWit2X Jadi Kado Natal Komunitas Kripto

Kompas.com - 25/12/2017, 18:02 WIB

Sempat terhenti awal November 2017, segregated witness SegWit2X diluncurkan kembali di penghujung tahun, tepatnya tanggal 28 Desember 2017 mendatang. Ini merupakan hasil dari New York agreement yang didukung sejumlah nama-nama besar dan entitas perusahaan.

Sebagai upgrade pada sistem bitcoin core, SegWit2X diharapkan jadi solusi masalah pembatasan ukuran blok yang dianggap mengurangi kecepatan transaksi Bitcoin. Meski, komunitas inti menganggap hal ini sebagai tantangan terhadap rangkaian asli Bitcoin dan sempat menimbulkan pro kontra. 

Namun, Mike Belshe, CEO Bitgo dalam pernyataan pembatalan hard fork  menegaskan, SegWit2X sama sekali tidak bertujuan untuk menghalangi pertumbuhan Bitcoin. 

"Tujuan kami adalah membuat upgrade Bitcoin yang lancar. Meskipun kami percaya bahwa pada akhirnya kita butuh ukuran blok yang lebih besar, akan tetapi ada hal lebih penting yang kami percaya. Yaitu membuat komunitas selalu bersama. Sayang sekali, ini jelas bahwa kami belum membuat konsensus yang cukup untuk peningkatan ukuran blok pada saat ini. Melanjutkan jalan ini bisa membuat komunitas menjadi terbagi dan akan menghalangi pertumbuhan Bitcoin. Ini tidak pernah menjadi tujuan SegWit2X,” ujar Mike Belshe dalam suratnya. 

Bitcoin SegWit2X Jamin Pemegang BTC Terima B2X 

Metode peningkatan ukuran blok bitcoin dari 1 MB menjadi 2 MB sempat jadi persoalan pada SegWit2X, karena membutuhkan upgrade perangkat lunak non-backward. Itu yang jadi alasan SegWit2X ditidurkan oleh pendukung aslinya, yang terdiri dari pendiri start up dan penambang. Namun,dengan empat anggota tim di bawah komando Jaap Terlouw, yang berencana melakukan fork tersebut. Lewat sebuah tautan baru berikut  http://b2x-segwit.io perkembangan Bitcoin SegWit2X dapat dipantau. 

Berikut penjelasan dari Jaap Terlouw :

“komisi dan kecepatan transaksi dalam jaringan bitcoin telah mencapai nilai yang luar biasa. Hampir tidak mungkin lagi menggunakannya sebagai alat pembayaran. Tim kami akan melakukan hard fork bitcoin yang direncanakan pada pertengahan November. Pada saat yang sama, perdagangan berjangka telah dilakukan pada beberapa bursa untuk waktu yang lama. HitBTC merupakan salah satu diantaranya. Saya berjanji bahwa semua pemegang BTC tidak hanya akan menerima B2X dengan rasio 1:1, namun juga jumlah proporsional Satoshi Nakamoto sebagai hadiah atas komitmen untuk kemajuan proses.” 

Seperti kutipan pernyataan di atas fork sudah diperdagangkan dan dapat di cek pergerakannya di https://coinmarketcap.com/. Lalu, biaya bertambah hingga tiga kali lipat setelah diumumkannya proyek ini.  Fork saat ini sudah didukung dengan beberapa perubahan seperti adanya hitBTC yang mendukung sistem kerja BTC hard fork dan IGNIS airdrop. Dan juga pertukaran dengan omzet lebih dari 1 miliar dollar per hari.  Pertukaran yang bisa langsung di dilakukan di beberapa website berikut : https://exrates.me, https://yobit.net , https://zumminer.com, www.webmoney.ru , bitcoin.co.id 

Namun, jika dompet pertukaran Bitcoin tidak mendukung fork ini dan tidak menghasilkan uang bagi pengguna, maka itu menjadi tanggung jawab pengguna sendiri. Untuk itu sebagai masyarakat pengguna kripto perlu mendukung sistem ini agar bisa digunakan di dompet pertukaran agar mendapatkan banyak bonus di tahun baru.

Para pengguna juga akan mendapatkan Bitcoin baru swgwt2x koin dalam rasio 1:1 jika menyimpan dana di bursa yang sudah ditentukan fork. Bisa juga untuk mendapatkan koin dengan mengekstrak kunci pribadi di dompet Bitcoin swgwt2x. Namun, sistem ini masih dalam pengujian untuk saat ini. 

Tim baru ini juga telah mengungkapkan roadmap untuk pembaruan di masa depan. Pembaruan dengan dukungan lighting network, zksnark dan smart contract, fitur yang mereka yakini akan membuat new fork sebagai bitcoin yang “sempurna".

Satu catatan penting, fork ini nantinya berbeda dengan SegWit2X sebelumnya. Dimulai dari blok 501451, akan sangat dinantikan bagaimana fork SegWit2X baru ini akan mendulang sukses.

Untuk komunitas kripto juga bisa cek di akun social media SegWit2x berikut : 

https://m.facebook.com/Segwit2xReload/

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com