Advertorial

Selang PVC dan Karet Kemanflex, Produk Berkualitas dan Ramah Lingkungan Karya PT Kemenangan

Kompas.com - 27/12/2017, 12:55 WIB
- --

PT Kemenangan melalui merek Kemanflex memiliki beragam produk unggulan yang berkualitas dan ramah lingkungan. Dua di antaranya merupakan selang PVC (Polyvinyil chloride) dan selang karet (rubber hose). Menurut Director of Engineering PT Kemenangan Abraham Masman, produk selang karet cenderung lebih bervariasi dibandingkan selang PVC dalam aplikasi dan jenis bahan bakunya.

Sedangkan selang PVC selain digunakan untuk kepentingan industri, juga bisa dimanfaatkan oleh konsumen rumah tangga. Menurut Abraham, kedua produk tersebut dibuat dengan bahan baku yang berkualitas dan ramah lingkungan.

"Bahan baku dan proses pembuatannya itu sendiri lebih ramah lingkungan dibandingkan kompetitor yang lain. Karena dalam proses pembuatannya, polusi yang dihasilkan itu lebih sedikit," kata Abraham di kantornya, Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Kamis (21/12/2017).

Abraham mengatakan, PT Kemenangan mengedepankan kekuatan teknik produksi beragam produknya sesuai dengan kebutuhan dan harapan para pelanggannya. Selain itu, PT Kemenangan mengutamakan kualitas ketimbang harga. Abraham ingin pihaknya mampu menghasilkan produk berkualitas bagi konsumennya dengan harga yang relatif terjangkau.

"Ya memang kita harus kompetitif, di sini kualitas nomor satu. Enggak bisa kita bandingkan kalau soal harga, 'A harganya lebih murah, si B lebih murah'. Kita kalau soal harga memang kalah, tapi soal kualitas tidak," ujarnya.

Untuk menjaga kualitas, produk-produk yang diproduksi di pabrik kawasan Cileungsi ini harus diuji dalam berbagai rangkaian tes. Adapun tes yang dilakukan seperti tes bahan baku hingga tes ketahanan produk yang telah diproduksi.

-- -


"Kualitas bahan bakunya diuji, ada tes penarikan (tensile test) baikss untuk produks plastik, karet maupun baja. Perpanjangannya harus memenuhi standard minimum," katanya.

Selain itu, produk hasil produksi juga mengikuti serangkaian tes seperti tes tekanan kerja (working pressure) dan tes tekanan letus (burst pressure), dan banyak tes lainnya. Rangkaian tes inilah yang dinilai mampu memuaskan para pelanggan produk-produk Kemanflex.

"Mereka (pelanggan) memang mengatakan ini barangnya lebih tahan lama dibandingkan pasaran. Misalnya, ada produk pasaran yang kalau dibengkokkan itu enggak bisa balik ke posisinya, kekerasannya juga tidak baik," kata Abraham.

Menurut dia, saat ini orang-orang masih mempertimbangkan soal harga ketika membeli barang. Abraham juga menyayangkan orientasi tersebut karena adanya anggapan barang murah beriringan dengan kualitas yang buruk. Namun demikian, Abraham mengaku hal tersebut menjadi motivasi PT Kemenangan melakukan pembenahan menyeluruh di berbagai lini produksi.

"Itu jadi kendala tapi juga motivasi kami supaya terus melakukan pembenahan baik itu dari mesin, prosesnya atau produknya supaya lebih tetap kompetitif," ungkapnya.

Abraham berharap agar produk-produk unggulan PT Kemenangan semakin dikenal masyarakat luas. Upaya tersebut dilakukan dengan memanfaatkan iklan di Google, mengikuti berbagai kegiatan pameran maupun menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak seperti penyedia layanan telekomunikasi dan media massa.

Produk Kemanflex merupakan produk dari PT Kemenangan yang diproses dengan menggunakan katalis yang ramah lingkungan. Selain itu bahan produksinya juga tidak menggunakan bahan produksi yang mengandung logam berat beracun seperti timbal dan cadmium.

Kemanflex diproduksi di fasilitas yang menerapkan sistem manajemen mutu, keamanan, kesehatan dan lingkungan. Selain itu, produk selang Kemanflex juga sudah memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI). (Adv)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.