Kilas

Slankers Jawa Timur Diajak Peduli Lingkungan

Kompas.com - 28/12/2017, 17:02 WIB
Grup band Slank menggelar konser bertajuk Peduli Lingkungan di Jawa Timur pada Sabtu (23/12/2017). Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas hadir dalam konser tersebut. KOMPAS.com/ ACHMAD FAIZALGrup band Slank menggelar konser bertajuk Peduli Lingkungan di Jawa Timur pada Sabtu (23/12/2017). Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas hadir dalam konser tersebut.


SURABAYA, KOMPAS.com -Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf bersama Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas tampak larut dalam tembang-tembang yang dibawakan Kaka, vokalis Slank yang menggelar konser "Peduli Lingkungan" di lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya, Sabtu (23/12/2017) malam lalu.

Ajakan mencintai lingkungan dilontarkan Gus Ipul di sela-sela lagu. Belasan ribu Slankers, fans grup band Slank diimbau untuk lebih peduli dalam mengelola sampah.

Menurut Ipul, sampah mesti dikelola dengan sistem 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) atau dengan mengurangi, memanfaatkan kembali, dan mendaur ulang. "Mari kita jaga lingkungan ini untuk masa depan kita," katanya.

Aksi peduli lingkungan bisa dilakukan dengan mudah dan menjadi gaya hidup masyarakat.

Baca: Gus Ipul Manfaatkan Belatung untuk Tangani Sampah

Selama ini, Slankers memiliki energi yang cukup besar dan sangat mungkin untuk disalurkan untuk menjaga kelestarian lingkungan. Salah satunya, ia menambahkan, dengan mengelola sampah.

"Saya sudah beberapa kali mengajak Slank mengkampanyekan gerakkan peduli lingkungan. Kemarin ada gerakkan peduli sampah, juga gerakkan bikin biopori," kata Gus Ipul.

Tahun lalu, ia bersama Pramuka juga sempat mengajak Slank untuk menyukseskan Gerakan Kampung Kelir. Saat itu, mereka bersama-sama merawat lingkungan dengan mengecat rumah-rumah warga agar lebih indah.

Rencananya, aksi peduli lingkungan juga dilakukan dengan menggelar konser serupa di Banyuwangi dan Madiun pada Januari 2018. "Dalam waktu dekat, Januari ini, Slank kembali menggelar konser di Banyuwangi," kata Gus Ipul.

Ivan, Bimbim, Kaka, Ridho dan Abdee yang tergabung dalam grup band Slank di Peluncuran SlanKopi di Trafique Coffee, Jalan Hang Tuah Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12/2017).KOMPAS.com/Dian Reinis Kumampung Ivan, Bimbim, Kaka, Ridho dan Abdee yang tergabung dalam grup band Slank di Peluncuran SlanKopi di Trafique Coffee, Jalan Hang Tuah Raya, Jakarta Selatan, Sabtu (16/12/2017).

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas pada saat itu mengundang Slankers untuk hadir dalam konser yang akan digelar di Banyuwangi. "Silakan datang. Saya mengundang Slankers untuk ke Banyuwangi, mari kita jaga lingkungan bersama," kata Anas.

Pada konser di Makodam V/Brawijaya kali ini, personil Slank yang hadir adalah Kaka (vokalis), Bimbim (drum), Ridho (gitar), dan Ivanka (bass). Bunda Iffet juga tampak hadir di konser kali ini.

Konser "Peduli Lingkungan" juga dimeriahkan oleh budayawan Sastra Al Ngatawi. Gus Ipul, Slank, dan Sastra mengajak Slankers untuk bersholawat bersama untuk mendoakan agar masyarakat Jawa Timur semakin makmur dan sejahtera. (KONTRIBUTOR JAWA TIMUR/ ACHMAD FAIZAL)


Baca tentang