Advertorial

Para Pengusaha Ini Berhasil Meraih Kesuksesan Berkat Ibunya

Kompas.com - 29/12/2017, 20:00 WIB

Hari ini merupakan hari Ibu. Bagi anak-anakmu, ibu adalah sosok baik yang membantu mereka menjalani hidup. Bagi beberapa pengusaha, ibu adalah sosok yang sangat penting dalam meraih kesuksesan. 

Para pengusaha sukses ini pun mengingat pesan Ibunya yang membuat mereka sukses seperti dikutip Entrepreneur.

Matt MacInnis, Pendiri Inkling

Matt menggambarkan dirinya sebagai sosok cerdas namun keras hati. "Berulang kali Ibuku selalu menasehatiku untuk selalu rendah hati. Hampir setiap minggu. Sepertinya biasa, tetapi saya lebih memahami maknanya sekarang," katanya.

Menjadi pengusaha, katanya, juga soal mengenal batas kemampuan diri. Demikian, dia bisa melihat sudut pandang dan opini orang lain. Hal itu adalah pelajaran penting bagi Matt dalam meraih kesuksesan.

Nona Lim, Pendiri Nona Lim

"Ibuku selalu menyarankan untuk fokus dan tidak pernah berhenti mengkritik. Saya sering mengabaikannya. Namun, setelah keluar dari anggar untuk fokus di bidang kuliner, saya tahu dia benar," katanya.

Kevin Busque, Co-Founder Task Rabbit dan Pendiri Guideline

"Ibuku adalah orang yang mendahulukan orang lain. Saya sadar, cara ini berperan sebagai fundamental dalam hidup dan membangun bisnis," sebutnya. 

Bob Kulhan, Pendiri Business Improv

"Ibu selalu menyarankan untuk melakukan yang terbaik sesuai kemampuan. Kegagalan dan ketakutan adalah darah seorang pengusaha," katanya. Bob mengakui bahwa cara pandang ini sudah ditanamkan Ibunya dari muda dan membuatnya mampu mengerti dan memahami karakter orang lain. Ini sangat penting bagi perkembangan jaringan bisnis.

Vanessa Quigley, Co-Founder Chatbooks

"Jika memiliki masalah, Ibu bilang harus menyelesaikannya. Sekarang, saya memiliki produk tetapi tidak punya uang untuk memasarkannya. Seperti banyak pengusaha lain, kami membuat buzz (platform) sendiri," katanya.

Spencer Bagley, Co-Founder Tendr

"Negosiasi adalah hal krusial. Ibu mengajariku untuk selalu membayar apa yang didapat. Tidak lebih dan kurang. Bila kamu berbicara mengenai produk atau layanan bisnis, selalu lakukan negosiasi," sarannya.

Jonathan Regev, Co-Founder The Farmers Dog

"Orangtua selalu memberi apapun untuk anak-anaknya. Namun, orang tuaku memberi uang tunai dan agar saya bisa mengaturnya sendiri. Dia mengajarkan untuk mempertimbangkan banyak hal sebelum membeli sesuatu," kisah Regev.

Kara Goldin, Pendiri dan CEO Hint

"Ibuku selalu mengajarkan untuk mendukung produk lokal walau lebih mahal. Kamu akan untung bila bisnisnya berkembang," katanya.

Louis Beryl, CEO dan Co-Founder Earnest

"Ibuku juga seorang pengusaha. Saya ingat saat membangun bisnis, dia bergelut dengan urusan keuangan. Dia melakukan segala cara untuk berhemat dan menambah penjualan. Dia juga kreatif menyelesaikan masalah. Membuat hal tak mungkin menjadi mungkin," ungkapnya.

http://smart-money.co/bisnis/para-pengusaha-ini-berhasil-meraih-kesuksesan-berkat-ibunya

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com