Advertorial

Bangkitnya Kreativitas Anak Muda lewat Kontes Modifikasi

Kompas.com - 05/01/2018, 22:03 WIB

Geliat kreativitas anak muda dalam dunia modifikasi kendaraan mulai terlihat gaungnya. Melalui keterampilan yang dimiliki, mereka berusaha mewujudkan kreasi sepeda motor impian.

Hal ini dapat dilihat dari sejumlah karya yang hadir dalam Kelas Best of The Best NMAX CustoMAXI Regional Sumatera Utara (Sumut). Mengusung berbagai tema, para pemenang dari 5 kota di Sumatra Utara dan sekitarnya menunjukkan kebolehannya. Hasil modifikasi motor mereka pun kembali dinilai untuk memilih sang juara yang akan memperoleh 1 unit Aerox 155 GP.

Dhimas Thuntry Sukma Putra, pemenang Kelas Best of The Best NMAX salah satunya. Dengan tema predator party, ia memasukkan warna-warna mencolok dalam kreasi motornya.

Peserta yang baru pertama kali mengikuti kontes modifikasi ini menjelaskan alasan memilih NMAX sebagai motor kreasinya. “NMAX mudah dimodifikasi, motor ini bisa masuk ke semua kalangan," cetusnya.

Hengdry Salim yang mengetahui CustoMAXI dari rekannya misalnya, mengusung tema low rider untuk kreasi NMAX buatannya. “Mesinnya dibuat mundur 5 sentimeter, monoshock. Kombinasi warnanya yang pas merah, hitam dan hijau lime,”ungkap pemilik bengkel Motowash ini.

Pria asal Ujung Batu ini pun mengakui keunggulan motor tersebut untuk modifikasi. ”Saya beli NMAX tiga kali dan dimodifikasi semua. Banyak yang suka,” ujarnya.

Jauh-jauh datang dari Banda Aceh, Teuku Jamalul Alamudin turut ambil bagian. Penggemar modifikasi yang sering ikut kompetisi ini mengangkat tema predator dalam motor rancangannya. ”Warna kuning melambangkan warna kerajaan. Cocok untuk NMAX yang saya suka karena nyaman dan gagah,” bebernya.

Terakhir, ada pemodif yang menggemari motor Yamaha, Ridho Zulkarnain. Dalam kontes ini, ia mengadopsi konsep matik Jepang ruckus yang adventure. Konsep tersebut terinspirasi dari kecintaannya terhadap hobi trail.

Ia pun juga mengungkapkan kekagumannya pada NMAX. ”Saya tertarik sekali dengan NMAX, beli tahun lalu. Motornya nyaman,“ akunya.

CustoMAXI merupakan ajang kompetisi modifikasi online motor-motor MAXI Yamaha terbesar dan pertama di Indonesia. Digelar di 8 kota, kompetisi ini mempertandingkan berbagai kelas seperti Xmax, Nmax, Aerox 155, dan kontes MAXI Lady.

Terkait modifikasi, Yamaha tidak merekomendasikan rancangan yang ilegal serta merombak bodi/sasis motor. Peserta hanya diperbolehkan mengubah sejumlah aksesoris seperti windshield, kaki – kaki ( suspensi, swing arm), ban dan pelek, lampu – lampu (HID, LED, Angel Eyes), knalpot, jok, dan penambahan aksesoris handmade yang berfungsi dengan baik dan benar.

Kota Medan didapuk sebagai tuan rumah pertama CustoMAXI. Selain final tingkat regional Sumut, digelar pula babak semifinal tingkat nasional untuk Kota Medan. 

Sejak awal acara, lokasi event juga dipadati pengunjung yang antusias terhadap motor-motor MAXI Yamaha. Selain kompetisi, para pengunjung juga dimanjakan dengan hiburan dari band lokal dan workshop modifikasi motor.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com