Kilas

Gus Ipul-Puti Soekarno Dinilai Ideal

Kompas.com - 11/01/2018, 10:22 WIB
Saifullah Yusuf bersama Puti Guntur Soekarnoputri resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur pada pilkada Jawa Timur 2018 KOMPAS.com/ ACHMAD FAIZALSaifullah Yusuf bersama Puti Guntur Soekarnoputri resmi mendaftarkan diri sebagai pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur pada pilkada Jawa Timur 2018


SURABAYA, KOMPAS.com - Langkah Ketua Umum PDI Perjuangan menunjuk anggota DPR RI komisi pendidikan Puti Guntur Soekarno sebagai pendamping Saifullah Yusuf dalam Pilkada Jawa Timur dinilai tepat.

Pengamat politik asal Universitas Airlangga Surabaya Novri Susan menilai dipilihnya Puti Guntur Soekarno sebagai pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) pada pilkada Jawa Timur merupakan kombinasi ideal.

“Pemilih Jawa Timur secara umum menilai bahwa kombinasi tersebut ideal, yaitu dari sisi gender (laki-laki dan perempuan) dan dari sisi representasi sosial (religius-nasionalis),” ujarnya ketika dikonfirmasi di Surabaya, Rabu (10/1/2018).

Menurut dia, kehadiran Puti sebagai bakal calon Wakil Gubernur Jatim memberikan peluang pada pandangan umum masyarakat tentang peran perempuan dalam politik.

Baca: Kiai Kampung Tak Persoalkan Pendamping Gus Ipul

Konstituen perempuan dan pemilih yang berbasis nasionalis tentu cenderung memilih Puti yang juga cucu Presiden pertama RI, Soekarno.

“Namun, yang perlu diingat adalah konsep program, mesin politik dan strategi kampanye karena hal itu menjadi salah satu kunci penting,” ujar dosen FISIP bergelar doktor tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, bergabungnya dua partai politik, yaitu Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Gerindra menjadi kekuatan penting bagi pasangan Gus Ipul-Puti.

Kedua partai ini, lanjut dia, memiliki basis massa di masyarakat perkotaan sehingga memberi peluang lebih besar pada Ipul-Puti untuk kuat bersaing atau menang dalam Pilkada Jawa Timur yang digelar 27 Juni 2018.

Baca juga: PDI Perjuangan Pilih Puti Guntur Soekarno Dampingi Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur

Menurut Wakil Sekjen PDIP Ahmad Basarah, pasangan Gus Ipul-Puti Soekarno mengingatkan sejarah terbentuknya NKRI.

"Kelompok nasionalis pimpinan Bung Karno dan Kelompok religius pimpinan KH Hasyim Asyari memiliki peran penting dalam sejarah perjuangan bangsa ini," katanya saat mengantar Gus Ipul-Puri mendaftar di KPU Jatim.

Pada Pilkada Jawa Timur, ia melanjutkan, kekuatan sejarah kembali disatukan. Cucu pendiri bangsa dan cicit pendiri Nahdlatul Ulama (NU) disandingkan untuk membangun Jawa Timur lebih sejahtera.

"Semoga kekuatan Nasionalis dan religius ini mampu membawa kemaslahatan bagi bangsa dan warga Jawa Timur, pada khususnya," ucap Basarah.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) resmi mengusung Puti Guntur Soekarno untuk mendampingi Gus Ipul di Pilkada Jawa Timur 2018. Puti menggantikan Bupati Banyuwangi Azwar Anas yang sebelumnya memutuskan mundur karena diserang kampanye hitam. (KONTRIBUTOR JAWA TIMUR/ ACHMAD FAIZAL)


Baca tentang