Advertorial

Panduan Sederhana untuk Kamu yang Ingin Jalan-jalan Hemat ala “Backpacker”

Kompas.com - 23/02/2018, 11:04 WIB
- -

Jalan-jalan dengan cara backpacking saat ini masih menjadi tren. Terutama di kalangan traveler milenial. Alasannya, jalan-jalan dengan cara ini sangat sesuai dengan karakter milenial yang gemar mencari pengalaman baru dan menantang diri sendiri untuk menjelajah destinasi anti-mainstream.

Selain itu, jalan-jalan ala backpacker juga lebih praktis dan tentunya hemat biaya. Nah, bagi kamu yang bosan jalan-jalan cantik dengan menenteng koper dan mendambakan pengalaman liburan hemat tetapi seru ala backpacker, jangan ragu. Ikuti panduan sederhana ini agar liburan backpacker-mu lancar.

1. Budget dan itinerary

Sebelum berangkat pastikan kamu sudah memiliki itinerary yang terperinci. Untuk membuatnya kamu harus melakukan riset. Bagaimana cara mencapai tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi, berapa ongkos transportasinya, tiket masuk, hingga harga makanan dan minuman di sana. Memiliki itinerary yang jelas akan membuat kamu lebih mudah mengalokasikan budget. Manfaatkan saja kecanggihan internet untuk melakukan riset tersebut.

2. Barang bawaan

Karena kamu hanya akan membawa sebuah ransel, pastikan barang bawaanmu sesuai kebutuhan saja. Jangan bawa barang berlebih. Sesuaikan tujuan kondisi dan cuaca di destinasi liburan, serta lama liburan kamu dengan pakaian yang akan dibawa. Manfaatkan vacuum bag atau gulung pakaian agar tidak memenuhi ransel. Bawa pakaian yang cocok untuk segala suasana. Usahakan benda yang berat seperti sepatu dan jaket kamu pakai, jangan disimpan di ransel.

3. Pemilihan akomodasi

Pilih akomodasi yang lebih backpacker friendly dan memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan orang-orang baru. Pilihan terbaiknya adalah hostel.  Kamu harus berani keluar dari zona nyaman, berkenalan dengan sesama petualang, dan siapa tahu bisa mendapat masukan soal destinasi-destinasi yang ada di itinerary-mu. Inilah asyiknya liburan ala backpacker.

4. Pilihan transportasi

Supaya lebih hemat kamu sebaiknya memilih moda transportasi yang harga ongkosnya juga bersahabat dengan kantong. Jika berencana jalan-jalan ke luar negeri, cobalah pesan tiket jauh-jauh hari. Rajin-rajin mengunjungi travel fair dan manfaatkan promo-promo yang digelar maskapai penerbangan.

Jika ingin jalan-jalan menjelajah berbagai destinasi indah di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, cobalah naik kereta. Saat ini kereta tidak kalah nyaman dengan pesawat. Kamu juga bisa memesan tiket kereta jauh-jauh hari dan memperoleh harga tiket yang terjangkau.

Coba cek harga tiket kereta murah di Tokopedia. Siapa tahu kamu beruntung memperoleh harga tiket dan jadwal pemberangkatan kereta terbaik untuk liburan ala backpacker-mu.

Tidak hanya tiket kereta murah untuk kamu millenials yang suka menonton konser, situs jual beli online Tokopedia juga memungkinkan kamu untuk beli tiket konser online. Selain praktis, sewaktu-waktu kamu juga bisa menikmati promo menarik.

Mau coba liburan ala backpacker? #MulaiAjaDulu dari Tokopedia.