Kilas

Perbaikan Jalan Pawitan Luhur di Semarang Dikebut

Kompas.com - 07/03/2018, 11:09 WIB


KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang tengah memperbaiki Jalan Pawiyatan Luhur di Keluruhan Bendan Duwur yang ambles beberapa waktu lalu. Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, meminta perbaikan jalan dikebut agar dapat segera diakses masyarakat.

Sejauh ini, perbaikan jalan sesuai dengan rencana pemerintah. “Jalan ini sudah dikepras semua. Hasil pengeprasan tinggal diaspal dan di-hotmix. Sebentar lagi sudah bisa
digunakan kembali," katanya saat meninjau perbaikan Jalan Pawiyatan Luhur, Selasa (6/3/2018).

Berbeda dengan jalan-jalan lainnya di Kota Semarang, Pawiyatan Luhur berada di daerah patahan yang tanahnya labil. Dengan kondisi itu, ia melanjutkan, jalan tersebut rentan ambles.

“Memang daerah ini sering sekali bergerak tanahnya. Beberapa metode sudah kami coba tetapi tetap saja masih ada patahan-patahan jalan di wilayah Bendan ini,” ungkapnya.

Baca: Cerita di Balik Rencana Pembangunan Jalan Lingkar Luar Semarang

Pemerintah Kota Semarang tengah mengkaji jalur alternatif. Dalam jangka waktu pendek, pilihan yang diambil adalah memperbaiki jalan ambles tersebut.

"Melihat situasi tempat ini, kami perbaiki dulu sambil memikirkan jalur alternatif maupun rekayasa konstruksi yang memungkinkan orang bisa lewat sini dengan nyaman," katanya.

Baca tentang
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com