5 Tips Liburan Menyenangkan di tahun 2018 - Kompas.com
Advertorial

5 Tips Liburan Menyenangkan di tahun 2018

Kompas.com - 08/03/2018, 10:55 WIB
- -

Hari libur merupakan hal yang paling ditunggu-tunggu. Tahun 2018 ini pun terdapat beberapa hari libur panjang yang bisa kamu manfaatkan untuk pergi bersenang-senang. Liburan yang menyenangkan tentu diharapkan akan kembali menyegarkan jiwa dan raga untuk kembali menjalani rutinitas hidup sehari-hari. Berikut lima tips agar liburan kamu di tahun 2018 ini menyenangkan.

  • Tentukan destinasi yang akan dikunjungi

Menentukan tempat yang akan dituju sebelum mengisi liburan harus dilakukan terlebih dahulu. Ada banyak destinasi dengan karakteristiknya masing-masing yang harus kamu gali informasinya. Melalui informasi tersebut, kamu bisa menentukan destinasi seperti apa yang pas dengan keinginan. Jangan sampai misalnya kamu ingin menikmati kesunyian alam, malah terdampar di tempat yang ramai dengan manusia karena kurangnya informasi.

  • Tentukan waktu keberangkatan

Banyaknya pilihan hari libur membuat kamu harus pintar-pintar menentukan waktu keberangkatan. Hal ini juga masih berhubungan dengan poin sebelumnya karena ada banyak destinasi tujuan yang hanya bisa dinikmati di waktu-waktu tertentu sehingga waktu keberangkatanmu pun harus disesuaikan.

Contohnya jika ingin menikmati keindahan sunrise atau sunset, maka waktu kunjungan yang pas adalah saat musim kemarau. Jika berkunjung di musim hujan, maka kemungkinan sunrise atau sunset tersebut tidak terlihat karena tertutup awan. Waktu menuju hari keberangkatan juga akan membuat kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin.

Lebih baik lagi apabila waktu keberangkatanmu turut disesuaikan dengan event yang ada di destinasi pilihan. Misalnya jika di tempat tujuan akan diadakan acara konser artis terkenal dari luar negeri, maka hendaknya waktu keberangkatan disesuaikan agar kamu bisa sekaligus menghadiri acara konser tersebut. Tentu saja hal ini akan membuat liburanmu semakin berkesan.

  • Rencanakan akomodasi

Usai menentukan tujuan dan waktu keberangkatan, sangat pentung bagi kamu untuk turut membuat perencanaan tentang akomodasi atau penginapan. Informasi mengenai akomodasi di tempat tujuan harus digali terlebih dahulu untuk mengetahui penginapan seperti apa yang pas untuk kamu. Pasti kamu tidak mau kalau sampai telantar begitu sampai di tempat tujuan tanpa akomodasi yang jelas.

  • Pilih sarana transportasi terbaik

Menuju destinasi pilihan tentu membutuhkan sarana transportasi. Menggunakan transportasi umum seperti kereta api bisa menjadi pilihan daripada menggunakan kendaraan pribadi karena kamu bisa beristirahat di dalam kereta selama perjalanan sehingga tidak kelelahan begitu sampai tujuan.

Lagi-lagi kamu harus menggali informasi tentang akses moda transportasi umum apa saja yang bisa digunakan untuk sampai ke destinasi pilihan. Hindari istilah “mengalir saja” karena bisa jadi transportasi umum untuk menuju destinasi pilihanmu hanya tersedia di waktu tertentu. Jika sampai tertinggal karena kurangnya informasi, maka tentu hal ini akan membuatmu kerepotan.

  • Pesan sesegera mungkin

Setelah semua persiapan berupa pemilihan destinasi, waktu keberangkatan, akomodasi, dan transportasi  telah matang, maka segeralah lakukan pemesanan mulai dari tiket kendaraan sampai penginapan. Kamu jelas tidak akan rela kalau semua perencanaan tersebut menguap begitu saja karena kehabisan tiket sehingga tidak jadi berangkat.

Untungnya sekarang banyak situs online yang menjual tiket hotel dan penginapan. Jika sudah memutuskan naik kereta, kamu bisa segera memesan tiket kereta untuk liburan 2018 di berbagai toko online seperti Tokopedia. Tidak hanya tiket kereta untuk liburan 2018 saja, jika ada acara konser di destinasi pilihan, kamu bahkan bisa memesan tiketnya secara online juga. Oleh karena itu, segera lakukan pemesanan sebelum kehabisan.