Beginilah Keseruan Surabaya Fisherman Sailing Competition 2018 - Kompas.com
Advertorial

Beginilah Keseruan Surabaya Fisherman Sailing Competition 2018

Kompas.com - 08/03/2018, 16:25 WIB
- -

Surabaya Fisherman Sailing Competition 2018 atau SFSC 2018 merupakan suatu ajang perlombaan balap perahu layar tradisional gagasan Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang bekerja sama dengan nelayan setempat.

SFSC 2018 dilaksanakan sebagai bentuk usaha dari Himpunan Mahasiswa Teknik Perkapalan ITS untuk pemberdayaan nelayan serta menunjang pariwisata lokal Surabaya, khususnya di sekitaran Kenjeran. Penyelenggaraan kegiatan SFSC 2018 kali ini dilaksanakan di Pantai Cumpat, Kecamatan Bulak.

Ajang balap perahu layar tradisional tersebut kali ini diikuti sebanyak 28 tim yang merupakan nelayan dari seluruh Kota Surabaya dan sekitarnya. Setiap tim diharuskan untuk dapat melalui lintasan yang telah disusun oleh panitia dengan memaksimalkan ketangkasan dari tiga orang anggota pada setiap tim.

SFSC 2018 dilaksanakan pada Hari Sabtu 3 Maret 2018 yang sekaligus menjadi pembukaan dari seluruh rangkaian kegiatan Semarak Mahasiswa Perkapalan (SAMPAN) ITS 2018. Acara ini dihadiri dan dibuka langsung oleh perwakilan Dinas Pariwisata Kota Surabaya, Kecamatan Bulak, serta perwakilan Departemen Teknik Perkapalan ITS.

Kendala yang dialami pada hari pertama adalah cuaca yang cukup mengganggu karena angin bertiup sangat pelan sehingga perahu sulit untuk berlayar. Meski begitu, para peserta dan penonton tetap antusias menyaksikan kegiatan yang diwacanakan akan menjadi agenda dari pemerintah Kota Surabaya ini.

Balapan hari pertama berlangsung sebanyak tiga kloter yang diisi masing-masing 9-10 kapal pada setiap kloternya. Nantinya sebanyak enam tim terbaik pada setiap kloter akan mendapat kesempatan untuk bertanding di babak selanjutnya yaitu semi final yang akan dilaksanakan pada keesokan hari.

Perlombaan hari kedua pada Minggu 4 Maret 2018 diikuti total 18 tim untuk mengikuti babak semi final. Selanjutnya 10 tim terbaik berhak untuk lolos dan melanjutkan ke babak final. Semangat para peserta pun semakin membara karena nantinya tim yang melaju ke babak final berhak menyandang predikat juara dengan tiga juara utama dan tujuh juara harapan.

Untuk semakin membakar semangat para peserta, pihak panitia juga tidak tanggung-tanggung dalam menyediakan hadiah. Total hadiah sebanyak Rp 13 juta siap dibagikan kepada seluruh tim pemenang.

Perlombaan berlangsung semakin panas sekaligus seru hingga akhirnya didapatkanlah juara utama dengan juara kedua dan ketiga diaraih oleh kapal dengan nama Arjuna dan Monster. Sementara juara pertama diraih oleh kapal dengan nama Dawai Asmara yang merupakan juara bertahan Surabaya Fisherman Sailing Competition (SFSC) tahun sebelumnya.