Kilas

PDIP Kota Semarang Targetkan 70 Persen Suara untuk Ganjar-Yasin

Kompas.com - 26/03/2018, 09:38 WIB
Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi, optimistis pasangan Ganjar-Yasin bakal meraup 70 persen suara pemilih di Kota Semarang dalam pilkada 2018. Dok. Humas Pemkot SemarangKetua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi, optimistis pasangan Ganjar-Yasin bakal meraup 70 persen suara pemilih di Kota Semarang dalam pilkada 2018.

KOMPAS.com -Dewan Pimpinan Cabang PDIP Perjuangan Kota Semarang, Hendrar Prihadi, optimistis Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) meraup 70 persen suara di Kota Semarang dalam pilgub Jawa Tengah 2018.

Prediksi itu, lanjut Hendrar, berdasarkan hasil perolehan suara pada 2013, di mana Ganjar Pranowo yang berstatus penantang mampu meraih 51,26 persen suara pemilih di Kota Semarang.

Padahal waktu pemilihan gubernur 2013 itu, hanya PDI Perjuangan yang mengusung dan jumlah kursi di dewan pun hanya bermodal 9 kursi.

"Kami optimistis pada Pilgub Jateng 2018 dapat meraih suara 70 persen di Kota Semarang karena saat ini kami punya modal yang lebih besar, yaitu dengan 15 kursi PDI Perjuangan dari pileg 2014 ditambah dengan jumlah kursi koalisi partai pengusung lain. Maka total kami punya modal 29 kursi," kata Hendrar saat rapat koordinasi pemenangan Ganjar-Yasin di Hotel Ciputra Semarang, Minggu (25/3/2018).

Rapat koordinasi itu dihadiri oleh perwakilan pengurus PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Demokrat, PPP, dan Partai Nasdem.

Menurut Hendrar, jumlah suara dari 29 kursi tersebut hampir mencapai 460 ribu pemilih. Apabila dihitung dengan jumlah suara sah pada pilgub sebelumnya, maka persentasenya sebesar 72 persen suara.

"Untuk itu, suara dari partai pendukung menjadi modal besar bagi kami. Sedangkan, tantangannya adalah bagaimana suara tersebut bisa tetap bulat hingga hari pencoblosan," ujar Wali Kota Semarang tersebut.

Sementara itu Ketua DPD II Partai Golkar Kota Semarang, Petit Widiatmoko mengatakan bahwa Partai Golkar menarget sekitar 70 ribu suara untuk Ganjar-Yasin di Kota Semarang.

"Minimal mempertahankan suara Golkar di pileg 2014 sebesar 57 ribu suara di Kota Semarang, namun target kami bisa berkontribusi sekitar 70 ribu suara yang kita upayakan dengan membentuk kader hingga ke tingkat RT", jelas Peti.

Senada, Sekretaris DPC Partai Demokrat Kota Semarang, Danur Rispriyanto mengatakan akan memulai mensosialisasikan Ganjar-Yasin melalui garis partai sampai ke tingkat bawah. "Termasuk juga organisasi sayap seperti Perempuan Demokrat", tutur Danur.

Tak hanya Partai Demokrat, mengoptimalkan peran organisasi sayap juga menjadi cara Partai Nasional Demokrat untuk memenangkan pasangan Ganjar-Yasin.

"Kita ada Garda Pemuda, ada Garnita, ada Liga Mahasiswa juga yang akan kita kolaborasikan untuk pemenangan pak Ganjar", tutur Ketua DPD Partai NasDem Kota Semarang, Ridwan Pangestu.

Di sisi lain Ketua DPC PPP Kota Semarang, M Tafrikan menyatakan bahwa selain dari partai dan organisasi sayap, basis massa idiologi juga akan berperan besar. "PPP Kota Semarang memiliki Forum Ulama Ka'bah yang di dalamnya ada 200 Kyai di Kota Semarang dengan dukungan Pondok Pesantren dan Majelis Taklim", ungkap Tafrikan.

Baca tentang