Advertorial

Sekolah Insan Cendekia Madani, Belajar untuk Berkembang

Kompas.com - 04/04/2018, 19:19 WIB
- --

Sekolah Insan Cendekia Madani (ICM) merupakan sekolah berasrama yang terletak di daerah Tangerang Selatan. Sekolah ini mengedepankan pemanfaatan teknologi digital dalam kegiatan pembelajarannya. Salah satu upaya untuk menunjang hal tersebut, seorang guru ICM bernama Upi Fitriani, tergabung dalam Microsoft Innovative Educator Expert (MIEE). Bergabungnya beliau dalam  MIEE pada tahun 2015 lalu, diperoleh setelah beliau berhasil menjadi Juara Pertama Tingkat SMA, dalam kompetisi nasional untuk kategori‘Inovasi Pendidikan’ yang diadakan oleh Eduspec dan Intel. Di saat yang bersamaan, beliau juga terpilih menjadi guru berprestasi di Sekolah Insan Cendekia Madani.

-- -

Guru berprestasi yang baru saja menamatkan program S2 Ilmu Biologi di Universitas Negeri Jakarta ini memulai sepak terjang kariernya dengan menjadi seorang Microsoft Innovative Educator Trainer, dengan misi  yaitu membangun komunitas belajar berisi guru-guru yang ingin mengembangkan kemampuannya dalam pengembangan dan pemanfaatan pembelajaran berbasis ICT. Salah satu gebrakan keberhasilannya adalah adanya komunitas Microsoft Study Group (MSG) yang telah berjalan bersama guru-guru Sekolah Insan Cendekia Madani, dengan metode face to face. Selain di ICM, komunitas MSG juga terdapat di di Bandung, Sukabumi, dan Cianjur. Berbeda dengan ICM, komunitas-komunitas tersebut menggunakan metode virtual sharing and learningdalam pelaksanaannya. Berkat inisiatif Upi Fitriani dalam membuka komunitas MSG, beliau berhasil menjadi salah satu MIE Expert, yang terpilih untuk terlibat dalam Microsoft Education Exchange tahun 2018 di Singapura.

-- -

Pada tanggal 13 – 15 Maret 2018, para MIE Expert (Microsoft Innovative Educator Expert) dari seluruh dunia mengikuti kegiatan Microsoft Education Exchange (E2) yang diselenggarakan di Singapura, tepatnya di The Grand Copthorne Waterfront Hotel. Kegiatan edukasi ini diselenggarakan setiap tahun oleh Microsoft, sebagai bentuk perayaan dan pengakuan atas eksistensi dan pencapaian MIEE dalam mengkombinasikan konten pelajaran, ilmu pedagogi, dan teknologi dalam pembelajaran abad 21 (21st Century Learning). Sebagaimana esensi dari Microsoft E2 yaitu celebration, recognition, collaboration dan inspiration, pelaksanaan kegiatan ini difokuskan untuk memberikan ruang pada para pendidik agar dapat saling berbagi ide dan pengalaman, berkolaborasi dan bekerja sama dalam proyek pembelajaran, serta terinspirasi dan menginspirasi para pendidik lainnya.

-- -

Pada tahun 2018 ini, E2 diikuti oleh 300 guru dan 100 pemimpin sekolah yang berasal dari 77 negara.  Indonesia diwakili oleh 6 guru inovatif yang salah satunya berasal dari Sekolah ICM, Tangerang Selatan. Microsoft E2 2018 adalah sebuah perjalanan yang merefleksikan kekuatan sharing dan collaboration. Kekuatan yang membawa seluruh Insan Pendidik untuk lebih melihat kemampuan siswa sebagai pribadi yang holistic,  yang perlu difasilitasi untuk dapat berkembang dan lebih berkembang lagi, sebagaimana telah dan selalu kami terapkan kepada seluruh siswa ICM .  Selain itu, seluruh akademika sekolah ini memiliki kewajiaban untuk senantiasa belajar, melakukan perbaikan, dan tidak pernah lupa untuk selalu meningkatkan kemampuan diri.

-- -

Untuk info lebih lanjut mengenai Sekolah Insan Cendekia Madani (ICM), bisa menghubungi  hotline : +6221 75874444, Website : http://www.icm.sch.id

-- -