Advertorial

Mengenal Sosok Desainer Lokal di Balik Yaris TRD Sportivo

Kompas.com - 09/04/2018, 19:00 WIB
- -

Jakarta, KOMPAS.com – New Yaris punya varian tertinggi TRD Sportivo, dengan nuansa sporty yang lebih kental lantaran beberapa perbedaan desain terutama pada sisi eksteriornya. Racikan Yaris TRD Sportivo tersebut ternyata digarap oleh desainer lokal.

PT Toyota-Astra Motor memang memiliki team desain, demi memberikan kontribusi signifikan terhadap tampilan produk Toyota di Tanah Air. Khusus untuk grade TRD Sportivo, Tim TAM Design yang dikepalai oleh Donny Adhi Yuwono telah menghadirkan Fortuner, Rush, Vios dan Yaris dengan tampilan sporty khas TRD Sportivo.

Pada New Yaris, desainer yang menghadirkan body kit TRD Sportivo adalah Akbar Juniarto. Punya panggilan akrab Akbar-Jun, dirinya menghadirkan parts TRD Sportivo untuk menambah kesan sporty dan stylish, terutama berkat penambahan red-lining accent.

Coba sedikit mengenal sosoknya, pria berusia 29 tahun ini menyelesaikan sekolahnya di Seni Rupa Institut Teknologi Bandung (ITB) jurusan Desain Produk. Belum sempat melanjutkan pendidikan di luar negeri, Akbar bergabung di Toyota Astra Motor (TAM) sudah sejak 2014 lalu.

Saat ini Akbar menjabat sebagai Styling Design Officer, di mana kerjaan utamanya mendesain parts aksesoris untuk exterior dan interior yang bersifat add on, contohnya body kit, aero kit, side visor, talang air dan lainnya.

“Lebih dari itu saya juga terlibat dalam proses development user interface, untuk head unit pada audio system di mobil-mobil Toyota terbaru yang diproduksi di Indonesia,” tutur Akbar kepada Kompas.com, Kamis (5/4/2018).

Berikut proyek yang pernah digarap Akbar sejak pertama kali bergabung di TAM pada 2014 lalu.

2014, membuat sticker TRD untuk VIOS TRD.
2015, terlibat dalam pembuatan body kit dan sticker Rush TRD.
2015, membuat garnish, rear license ornament, side body protector dan emblem automatic untuk Avanza dan Veloz minor change.
2015, mendesain Yaris Heykers purwarupa yang dipajang di pameran otomotif GIIAS.
2016, mendesain body kit TRD (area bumper depan saja) dan side sticker untuk Yaris TRD minor change, juga membuat Yaris Heykers edisi produksi masal (body kitt, roof spoiler, sticker).
2017, mendesain Sienta Ezzy yang dipajang di GIIAS, dan ikut mendesain tas dan beberapa grafis untuk emergency kit untuk semua mobil yang dijual oleh TAM. Selain itu saya juga mendesain side visor untuk Avanza dan Yaris.
2018,  mendesain body kit dan roof spoiler untuk Yaris TRD big minor change. Kemudian terlibat juga dalam pembuatan user interface head unit pada audio system Innova, Alphard, Camry, Rush, Yaris, dan Vios.